Ini 4 Daerah di Jatim yang Masih Jadi Zona Merah Corona

Faiq Azmi - detikNews
Rabu, 02 Des 2020 08:54 WIB
zona merah
4 Daerah di Jatim kini berstatus zona merah (Foto: Tangkapan layar)
Surabaya -

Meningkatnya kasus COVID-19 di Jatim menjadikan sejumlah daerah berubah status zona. Daerah yang sebelumnya berstatus zona oranye berubah menjadi zona merah.

Sebelumnya hanya ada satu zona merah yakni Lumajang. Kini ada 4 kabupaten/kota dengan status zona merah.

"Zona merah di Jatim baru saja ter-update dari pusat. Ada empat kabupaten/kota saat ini yang berstatus zona merah," ujar Juru Bicara Satgas COVID-19 Jatim, dr Makhyan Jibril saat dikonfirmasi detikcom, Rabu (2/12/2020).

Empat kabupaten/kota yang kini berstatus zona merah adalah Jember, Situbondo, Kota Batu, dan Jombang. Sementara Lumajang yang sebelumnya berstatus zona merah berganti menjadi zona oranye.

Sementara jumlah kabupaten/kota yang berstatus zona oranye di Jatim berjumlah 32 daerah. Untuk zona kuning hanya ada 2 kabupaten/kota. Sayangnya, belum ada zona hijau di Jatim.

Berikut adalah status zona COVID-19 di 38 kabupaten/kota di Jatim:

Zona Merah (4 Kab/Kota): Jember, Situbondo, Kota Batu, Jombang.

Zona Orange (32 Kab/Kota): Sidoarjo, Kota Surabaya, Kota Malang, Kota Blitar, Kota Probolinggo, Tulungagung, Lamongan, Bondowoso, Kabupaten Kediri, Gresik, Ngawi, Nganjuk, Sumenep, Trenggalek, Ponorogo, Banyuwangi, Kabupaten Pasuruan, Magetan, Probolinggo, Kota Mojokerto, Tuban, Pamekasan, Kabupaten Blitar, Kabupaten Malang, Kota Pasuruan,
Kota kediri, Bojonegoro, Bangkalan, Kota Madiun, Lumajang, Kabupaten Mojokerto dan Kabupaten Madiun.

Zona Kuning (2 Kab/Kota): Pacitan, Sampang

(iwd/iwd)