Bupati Anna Janji Normalisasi Sungai Langganan Banjir di Bojonegoro

Ainur Rofiq - detikNews
Senin, 30 Nov 2020 19:52 WIB
Minggu (29/11), sejumlah desa di Bojonegoro dilanda Banjir. Hari ini Bupati Bojonegoro Anna Muawanah meninjau beberapa lokasi untuk mengambil sejumlah langkah penanganan.
Bupati Bojonegoro Anna Muawanah (baju hitam)/Foto: Ainur Rofiq
Bojonegoro -

Minggu (29/11), sejumlah desa di Bojonegoro dilanda Banjir. Hari ini Bupati Bojonegoro Anna Muawanah meninjau beberapa lokasi untuk mengambil sejumlah langkah penanganan.

Di Desa Kunci, Kecamatan Dander, banjir memang kerap terjadi ketika musim hujan. Maka dari itu, Bupati Anna berencana akan melakukan normalisasi sungai di daerah tersebut.

Menurutnya, hujan deras membuat debit air di beberapa sungai naik. Kondisi bukit yang gundul di daerah Temayang tidak mampu menahan air hujan. Sehingga air langsung turun ke persawahan, sungai, serta ke pemukiman warga.

"Selain itu banjir disebabkan karena terjadinya penyempitan sungai. Dari 15 meter wilayah hulu dan 2-3 meter di hilir. Serta bangunan rumah penduduk yang memakan badan sungai," kata Bupati Anna, Senin (30/11/2020).

Ia menambahkan, sejak tahun 2000, Desa Kunci sudah menjadi langganan banjir. Begitu pula dengan wilayah Temayang, tepatnya di Desa Kedungsumber. Bahkan dulu menjadi langganan banjir bandang. Namun sejak sudetan Kali Gandong sudah jadi, luapan air tidak lagi melanda permukiman warga.

"Lebih lanjut sebagai langkah antisipasi penanggulangan banjir, ke depan pemkab melalui Dinas PU SDA akan melakukan pelebaran sungai dengan sosialisasi. Mengedukasi warga, pendataan berapa rumah untuk dikembalikan fungsi sungai sebagaimana mestinya," terang Anna.

Selanjutnya
Halaman
1 2