Survei Cyrus Network, Eri Cahyadi-Armuji Perkasa dengan Elektabilitas 55,3%

Deny Prastyo Utomo - detikNews
Senin, 30 Nov 2020 16:43 WIB
eri cahyadi
Foto: Tangkapan layar
Surabaya -

Jika tidak ada tsunami politik dan kejadian luar biasa lainnya, paslon Eri Cahyadi-Armuji diprediksi akan memenangkan Pilwali Surabaya. Hal ini terlihat dari hasil survei Cyrus Network yang dilangsungkan pada tanggal 23-27 November 2020.

Dalam survei itu, Eri Cahyadi dan Armuji masih perkasa dengan elektabilitas 55,3%. Unggul 21,5% dari Pasangan Machfud Arifin dan Mujiaman yang memiliki elektabilitas 33,8%. Sementara jumlah pemilih mengambang masih berkisar di angka 10,9%.

Dengan waktu tersisa yang kurang dari dua minggu dari survei selesai dilaksanakan, diprediksi akan sangat sulit bagi Pasangan Machfud Arifin dan Mujiaman untuk mengejar ketertinggalan. Pasangan Nomor Urut 1 terlihat dominan hampir di semua segmen demografis.

Mulai dari gender, usia, agama, tingkat pendidikan, tingkat ekonomi, sampai ke Daerah Pemilihan DPRD. Paslon Machfud-Mujiaman hanya unggul dalam segmen pemilih bersuku Madura.

50% pemilih Madura lebih memilih Paslon nomor urut 2 tersebut dibandingkan dengan Paslon 1 yang hanya didukung 37,% populasi pemilih Madura. Dapil 3 diprediksi akan menjadi tempat perebutan yang sengit, karena pasangan Eri Cahyadi-Armuji hanya unggul tipis di wilayah tersebut (44,6% vs 40%).

Kendati demikian, dalam survei dengan metodologi Multistage Random Sampling yang melibatkan 400 orang responden ini juga terlihat bahwa popularitas (keterkenalan) kedua Pasangan Calon masih jauh dari angka ideal (lebih dari 90%).

Selanjutnya
Halaman
1 2