Seniman Reog Obyok Dukung Ipong di Pilbup Ponorogo

Charolin Pebrianti - detikNews
Minggu, 29 Nov 2020 18:13 WIB
Seniman Reog Obyok mendeklarasikan dukungan kepada paslon Ipong Muchlissoni-Bambang Tri Wahono
Seniman Reog Obyok mendeklarasikan dukungan kepada paslon Ipong Muchlissoni-Bambang Tri Wahono/Foto: Charolin Pebrianti
Ponorogo -

Seniman Reog Obyok mendeklarasikan dukungan kepada paslon Ipong Muchlissoni-Bambang Tri Wahono. Deklarasi digelar meriah di Taman Sukosewu, Desa/Kecamatan Sukorejo.

"Karena sumbangsih Pak Ipong untuk seniman Reog, terutama tiap tanggal 11. Harapannya, Pak Ipong lebih mendukung untuk seniman di bawah berkreasi kembali difasilitasi tempat yang lebih baik lagi," tutur Tokoh Reog, Supriyono kepada detikcom, Minggu (29/11/2020).

Supriyono menambahkan, dukungan Ipong dalam menggiatkan seni Reog terbukti. Mulai dari pengadaan alat Reog di desa-desa hingga agenda tampilan Reog yang terjadwal.

"Kalau sebelum Pak Ipong, pagelaran Reog Obyok agak fakum, nggak ada perhatian," terang Supriyono.

Saat ini, seniman Reog Obyok diperhatikan. Menurutnya, dulu seniman Reog Obyok kebanyakan tidak memiliki alat. "Sekarang ada bantuan di desa, berupa alat Reog," ujar Supriyono.

Menurut Supriyono, total sudah ada 80 persen kelompok seniman Reog Obyok yang memiliki alat untuk tampil. Sehingga keinginan kaum milenial untuk melestarikan kesenian Reog semakin banyak.

"Karena sudah banyak tersedia alat, peminat kaum muda atau milenial semakin bertambah," tukas Supriyono.

Supriyono pun berharap di Pilkada 2020 ini seniman Reog Obyok tidak diadu domba maupun selisih paham. "Untuk hari ini kita seniman Reog Obyok Ponorogo, biar ke depannya seni Reog Obyok itu nggak ada kayak adu domba, perselisihan paham," papar Supriyono.

Selanjutnya
Halaman
1 2