Ajudan Bupati Jombang Juga Positif COVID-19

Enggran Eko Budianto - detikNews
Jumat, 27 Nov 2020 18:50 WIB
RSUD Jombang
RSUD Jombang (Foto file: Enggran Eko Budianto/detikcom)
Jombang -

Ajudan Bupati Jombang berinisial YS juga terkonfirmasi positif COVID-19. YS menjadi satu dari 4 orang yang mempunyai riwayat kontak erat dengan Bupati Mundjidah Wahab.

Direktur RSUD Jombang dr Pudji Umbaran mengatakan, Mundjidah dinyatakan positif COVID-19 berdasarkan hasil tes swab yang keluar Jumat (13/11). Sejak saat itu, Mundjidah menjalani isolasi mandiri di rumah dinas Bupati Jombang.

Bupati periode 2018-2023 itu dirawat dan diisolasi di RSU dr Soetomo, Surabaya sejak Senin (23/11). Keesokan harinya, Selasa (24/11), hasil tes swab kedua keluar. Mundjidah masih positif COVID-19.

Meski kondisinya membaik, ibu enam anak itu belum dinyatakan sembuh dari COVID-19. Hingga hari ini masih dirawat di RSU dr Soetomo.

Sejak Mundjidah positif COVID-19, lanjut dr Pudji, pihaknya melakukan tracing untuk menemukan kontak erat. Hasilnya, terdapat 4 orang yang mempunyai riwayat kontak erat dengan Bupati Jombang.

"Yang kami tes swab kategori kontak erat. Ada 4 orang, anak dan ajudan beliau. Kalau pejabat tidak ada yang kontak erat," kata dr Pudji saat dikonfirmasi wartawan, Jumat (27/11/2020).

Sampai hari ini, baru satu orang kontak erat Bupati Jombang yang positif COVID-19. Yakni ajudan Mundjidah berinisial YS. Menurut dia, YS tidak mengalami gejala klinis, atau tergolong orang tanpa gejala (OTG).

"Satu positif saat ini isolasi mandiri di Probolinggo. Yaitu ajudan beliau," terangnya.

Sementara tiga kontak erat lainnya sampai hari ini belum diketahui hasil tes swabnya. "Yang satu swab di Surabaya, hasilnya belum keluar. Satunya belum siap diperiksa karena merasa tak ada keluhan. Semuanya isolasi mandiri," tandasnya.

Simak video 'Sebanyak 80-90% Pasien Corona Meninggal Alami Koagulopati':

[Gambas:Video 20detik]



(fat/fat)