Kadin Banyuwangi Siap Sinergi Program Pemulihan Ekonomi Daerah

Ardian Fanani - detikNews
Kamis, 26 Nov 2020 22:06 WIB
bupati anas
Bupati Anas hadir dalam pelantikan pengurus Kadin Banyuwangi (Foto: Ardian Fanani)
Banyuwangi -

Pengurus Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Banyuwangi periode 2019-2024 resmi dilantik. David Wijaya Tjoek dikukuhkan sebagai ketua Kadin Banyuwangi pada periode tersebut.

Pelantikan dilakukan oleh Ketua Umum Kadin Jawa Timur, Adik Dwi Putranto, di pendopo kabupaten dengan menerapkan protokol kesehatan, Kamis (26/11/2020). Bupati Banyuwangi Abdullah Azwar Anas hadir dalam kegiatan tersebut.

Dikatakan Adik, Kadin adalah tempat berlindungnya pengusaha dan perusahaan yang kegiatannya menjadi mitra pemerintah untuk meningkatkan perekonomian. Untuk itu, Kadin diharapkan bisa memberi masukan dan saran untuk penyusunan program ekonomi dan pembangunan daerah.

"Kadin harus bisa memberikan program yang konkret di seluruh sektor perekonomian, meliputi industri, manufaktur, perkebunan, pariwisata, maupun sektor-sektor lainnya," kata Adik kepada wartawan.

Adik menilai Banyuwangi memiliki potensi luar biasa baik di sektor pariwisata, pertanian dan banyak sektor lainnya yang butuh pengembangan secara maksimal.

Terkait hal itu, Adik meminta agar Kadin Banyuwangi segera menyinergikan program-programnya dengan program daerah. Misalnya, melakukan digitalisasi UMKM untuk menaikkan kelas UMKM di Banyuwangi.

"Ini mendesak sekali. Saat ini baru 20 persen UMKM di Jatim yang sudah tersentuh dengan digital. Apalagi di masa pandemi banyak UMKM yang enggak bisa jualan offline, solusinya ya harus didorong secara online. Ini tugas Kadin Banyuwangi bagaimana menaikkan kelas UMKM sehingga mereka bisa memasarkan produknya secara online. Jika UMKM berkembang, perekonomian otomatis ikut berkembang," ujar Adik.

Selanjutnya
Halaman
1 2