Liga 1 Tanpa Pertandingan, Abiyoso Rintis Gerai Minuman Coklat

Eko Sudjarwo - detikNews
Senin, 23 Nov 2020 09:32 WIB
Liga 1 Tanpa Pertandingan, Abiyoso Rintis Gerai Minuman Coklat
Abiyoso rintis gerai minuman (Foto: Eko Sudjarwo/detikcom)
Lamongan - Mengisi kosongnya jadwal pertandingan Liga 1, pemain muda Persela Lamongan ini pulang kampung dan merintis usaha. Ia membuka gerai minuman coklat di kampung halamannya.

Pemain muda Persela yang tengah pulang kampung sambil merintis usaha di kampung halaman itu adalah Riyatno Abiyoso. Pemain berusia 21 tahun ini merintis usaha gerai minuman coklat di rumahnya Kabupaten Purworejo, Jawa Tengah.

"Memulai usaha sejak akhir bulan Mei lalu, tepatnya setelah Hari Raya Idul Fitri," kata Abiyoso saat dihubungi, Senin (23/11/2020).

Saat itu, lanjut Abiyoso, kompetisi Liga 1 2020 tengah dihentikan sementara pandemi COVID-19. Banyaknya waktu luang karena kompetisi terhenti inilah yang membuat Abiyoso akhirnya mencoba mencari aktivitas lain hingga terbersit untuk membuka usaha kecil-kecilan tersebut. Abiyoso mengaku, ia membuka usaha gerai coklat ini untuk menambah penghasilan di tengah penyesuaian gaji sesuai dengan kebijakan di masa pandemi.

Liga 1 Tanpa Pertandingan, Abiyoso Rintis Gerai Minuman CoklatRiyatno Abiyoso pemain muda Persela Lamongan/ Foto: Eko Sudjarwo

"Waktu itu kan pas kompetisi libur, banyak waktu luang. Jadi dari pada waktunya terbuang kan mending untuk aktivitas lain. Lumayan sih mas, buat nambah bayar-bayar SPP kuliah alhamdulillah masih bisa lah mas," tutur Abiyoso yang tengah menempuh pendidikan di salah satu perguruan tinggi di Surabaya tersebut.

Selain untuk menambah penghasilan dan mengisi waktu luang, lanjut Abiyoso, ia mengaku membuka usaha untuk belajar menjadi seorang wirausahawan. Pelan-pelan, Abiyoso berkeinginan agar kelak gerainya bisa bertambah lagi. Abiyoso juga mengakui mendapat tawaran untuk mengikuti Tarkam, namun ia lebih memilih menjalankan usahanya.

"Sempat pernah diajak teman dari Purworejo sini, main kompetisi futsal di Kalimantan, cuman saya nggak mau, jauh perjalanannya. Turnamen Tarkam juga ada, tapi saya belum ambil, masih ingin ngurus usaha saja," ungkapnya.

Untuk jaga kondisi, Abiyoso mengaku terus melakukan latihan rutin sesuai dengan program latihan yang diberikan pelatih. Sesekali, ia juga bermain sepakbola atau futsal dengan teman-teman di kampung halamannya. (fat/fat)