Bonsai Kelapa, Buatnya Mesti Sabar dan Telaten Tapi Cukup Tinggi Nominalnya

Eko Sudjarwo - detikNews
Minggu, 22 Nov 2020 10:02 WIB
bonsai kelapa
Bonsai kelapa yang indah dan bernilai ekonomi (Foto: Eko Sudjarwo)
Lamongan -

Bonsai kelapa kini menjadi hobi baru yang punya nilai ekonomis tinggi di kalangan pecinta tanaman hias. Namun, proses pembuatan dan perawatannya memang membutuhkan kesabaran dan ketelatenan yang ekstra.

Salah satu warga Lamongan yang menekuni hobi baru merangkai Kelapa menjadi bonsai tersebut adalah Agus Murjianto (42), warga Perumahan Graha Indah Lamongan. Berawal dari kecintaannya pada tanaman, Agus kini sudah hampir setahun menekuni hobi barunya, membuat bonsai kelapa.

"Sebelum kelapa, saya lebih cenderung ke tanaman serut, tapi karena saya tinggal tugas akhirnya tak terawat. Setelah lihat ada kelapa yang digunakan untuk bonsai akhirnya saya kembali tertarik," kata Agus Murjianto ini saat berbincang dengan wartawan, Minggu (22/11/2020).

Agus mengaku ia tertarik menggunakan kelapa untuk membuat bonsai karena metode atau cara pembuatan bonsai kelapa sangat sederhana. Hanya saja, aku Agus, proses pembuatan dan perawatan bonsai kelapa membutuhkan kesabaran dan ketelatenan ekstra.

"Saya tertarik karena metodenya sangat sederhana sekali untuk pembuatan bonsai kelapa ini, hanya dibutuhkan botol air mineral bekas yang dipotong, setelahnya barulah kelapa dimasukan hingga mengenai air yang ada di botol tersebut," ujar Agus yang juga seorang polisi ini.

Air yang ada di botol air mineral, kata Agus, gunanya untuk memancing agar batok kelapa bisa memunculkan tangkai. Setelah tangkai keluar maka tak lama kemudian pasti akan muncul akar dan tinggal merawat serta meneruskan untuk program akar, batang atau daunnya.

"Perawatan setelahnya itu terserah kita, karena ada juga yang mengkombinasikan antara akar dengan daun sehingga mulai dari kecil harus benar-benar diperhatikan," terang Agus sambil mempraktikkan cara membuat dan merangkai bonsai kelapa tersebut.

Panit Binmas Polsek Kota Lamongan ini menyebut untuk saat ini yang paling dicari karena dipandang memiliki nilai seni tingga adalah bonsai kelapa dari jenis kelapa Minion. Bonsai kelapa minion ini, lanjut Agus, diprogram berbarengan dengan akarnya dan diberikan air dan ikan hias agar nampak lebih cantik.

Selanjutnya
Halaman
1 2