Kota Batu Gandeng PT INKA untuk Bangun Kereta Gantung

Muhammad Aminudin - detikNews
Sabtu, 21 Nov 2020 20:34 WIB
Asap putih masih tampak di atas Gunung Panderman. Pertanda kobaran api masih membara di gunung tersebut.
Gunung Panderman/Foto: Istimewa
Batu -

Wacana Kota Batu untuk membangun kereta gantung sempat tak terdengar selama 6 bulan. Namun kini wacana itu kembali bergulir.

Pemkot Batu telah menggandeng PT INKA (Industri Kereta api) untuk mewujudkannya. Keterlibatan INKA dalam proyek mercusuar ini adalah menguji kelayakan adanya transportasi kereta gantung, demi mendorong kemajuan pariwisata Kota Batu.

"Draft sudah ada, dan kemungkinan minggu depan INKA sudah bisa bekerja pasca ada MOU yang sudah ditandatangani bersama," ucap Wali Kota Batu Dewanti Rumpoko kepada wartawan, Sabtu (21/11/2020).

Dewanti menambahkan, dengan masuknya INKA, maka Pemkot Batu kini akan terus menggeber kerja sama antara INKA, BUMD, dan Doppelmayor Austria untuk melakukan tugasnya masing-masing.

Sebelumnya, Pemkot berpikiran jika proses seperti izin harus dari pusat. Namun setelah dikaji ternyata semua tergantung pemerintah daerah, dengan catatan studi kelayakan telah dilakukan.

Menurut Dewanti, jika pembangunan kereta gantung sudah terealisasi, nantinya untuk pengelolaan bisa melalui BUMD dengan bekerja sama dengan swasta. Karena sudah diketahui proyek kereta gantung murni bukan berasal dari dana pemerintah.

Selanjutnya
Halaman
1 2