Organisasi Islam di Sidoarjo Demo Tolak Habib Rizieq ke Kota Delta

Suparno - detikNews
Sabtu, 21 Nov 2020 17:05 WIB
Puluhan orang dari berbagai organisasi Islam  di Sidoarjo demo menolak kedatangan petinggi Front Pembela Islam (FPI), Habib Rizieq Shihab (HRS). Mereka menyebut HRS telah memecah belah NKRI.
Demo menolak kehadiran Habib Rizieq (Suparno/detikcom)
Sidoarjo -

Puluhan orang dari berbagai organisasi Islam di Sidoarjo menggelar demo menolak kehadiran petinggi Front Pembela Islam (FPI) Habib Rizieq Syihab (HRS). Mereka menyebut HRS telah memecah belah NKRI.

Mereka dari GP Ansor, Seven Gab, Ikapdar, NU, PMII, Ikatan Pedagang Sidoarjo, serta Banteng Muda Sidoarjo. Demo dipusatkan di Monumen Jayandaru, yang berada sebelah timur Alun-alun Sidoarjo.

Peserta aksi membawa dua banner. Yang pertama bertulisan 'Ini Tanah Air Kami Negeri Indonesia Ideologi Pancasila, Habib Rizieq Shihab Tinggalkan Indonesia'. Yang kedua bertulisan 'Kami Atas Nama Organisasi Islam Menolak Keras Kedatangan Habib Rizieq Shihab, Karena Memecah Belah NKRI dan Umat Islam'.

Pantauan detikcom, mereka melakukan aksi dengan damai. Saat salah seorang korlap berorasi, ada pendemo yang merobek kata 'habib' pada banner. Mereka menganggap HRS tidak pantas menggunakan nama 'habib'.

Belum puas merobek kata 'habib', mereka kemudian merobek foto Habib Rizieq. Foto tersebut dipotong dengan gunting, selanjutnya dibuang dan diinjak-injak.

Korlap aksi, Sumi Harsono, mengatakan semua organisasi kemasyarakatan yang ada di Sidoarjo menolak keras keberadaan HRS. Mereka menilai HRS telah memprovokasi dan memecah belah umat Islam.

Selanjutnya
Halaman
1 2