Bamboobike Svargalhoka, Sepeda Bambu dari Lamongan

Eko Sudjarwo - detikNews
Sabtu, 21 Nov 2020 08:55 WIB
Biasanya rangka sepeda dibuat dari bahan logam. Namun warga Lamongan ini mengkreasikan sepeda dengan bahan bambu.
Sepeda bambu dari Lamongan/Foto: Eko Sudjarwo
Lamongan -

Biasanya rangka sepeda dibuat dari bahan logam. Namun warga Lamongan ini mengkreasikan sepeda dengan bahan bambu.

Sepeda bambu ini dinamai Bamboobike Svargalhoka. Pembuatnya yakni Sujarwo, warga Mungli, Kecamatan Kalitengah. Berkat tangan dingin Sujarwo, bambu-bambu dikreasikan menjadi setidaknya 3 jenis sepeda, yang ia namai sesuai dengan nama ketiga anaknya itu.

"Ada sepeda MTB, sepeda Fixie dan juga Road Bike," kata Sujarwo pada wartawan, Sabtu (21/11/2020).

Sesuai namanya, lanjut Sujarwo, sepeda itu menggunakan bahan utama dari bongkotan atau pring lanang. Bongkotan inilah, oleh Sujarwo kemudian dipadupadankan dengan bahan sepeda lainnnya seperti aluminium dan besi.

"Semuanya berawal dari banyaknya bambu yang terbuang percuma dari sisa-sisa proses pembangunan," ujar Sujarwo mengisahkan awal inspirasinya dalam membuat sepeda dari bambu.

Proses awal pembuatan dimulai dengan memilih bahan bambu bongkotan. Untuk satu sepeda bambu, Sujarwo menghabiskan setidaknya 2-3 bambu bongkotan, yang ia rangkai dengan menggunakan peralatan seadanya.

"Selama proses pembuatan dibutuhkan ketelitian dan kesabaran tingkat tinggi, untuk bisa menghasilkan sepeda bambu ini. Agar hasilnya juga bisa maksimal," ungkapnya.

Selanjutnya
Halaman
1 2