Empat Gerbong Anjlok yang Meluncur Sendiri Diperbaiki di Surabaya

Muhammad Aminudin - detikNews
Jumat, 20 Nov 2020 17:27 WIB
Tujuh gerbong kereta api (KA) eksekutif dilaporkan berjalan sendiri dari Stasiun Malang Kota Baru, Kota Malang sore tanpa lokomotif. 4 gerbong di antaranya anjlok dan kini sedang evakuasi. Begini penampakannya.
Evakuasi gerbong kereta api yang meluncur sendiri (Foto: Istimewa/KAI Daop 8)
Malang -

Tujuh gerbong kereta api (KA) yang meluncur sendiri ke stasiun Malang Kotalama sudah berhasil dievakuasi. Empat gerbong anjlok dibawa ke Surabaya untuk diperbaiki. Tiga gerbong lain menjadi kereta cadangan.

Manager Humas PT Kereta Api Indonesia (KAI) Daop 8 Surabaya Suprapto menuturkan perbaikan empat gerbong anjlok di stasiun Malang Kotalama menjalani perbaikan di Surabaya.

"Empat gerbong kereta yang mengalami anjlok, ada di stasiun Malang Kotalama, masih dalam tahap perbaikan, dan dibawa ke Balai Yasa, Gubeng, Kota Surabaya, untuk proses perbaikan selanjutnya," ujar Suprapto saat dikonfirmasi detikcom, Jumat (20/11/2020).

Suprapto menegaskan rangkaian gerbong kereta terdiri dari 7 gerbong, dari jumlah itu, 4 gerbong kereta yg mengalami anjlok dan 3 gerbong kereta masih berada di atas jalur 2 stasiun Malang Kotalama.

Sementara tiga gerbong lain dibawa ke stasiun Malang Kotabaru setelah sukses dievakuasi dari lokasi kejadian. Meski jalan sendiri dari stasiun Malang Kotabaru, tiga gerbong ini tak ikut anjlok.

"Yang 3 gerbong kereta tidak anjlok ada di stasiun Malang Kotabaru, dan berfungsi sebagai gerbong kereta cadangan," bebernya.

Ditanya soal penyebab tujuh gerbong kereta jalan sendiri dari stasiun Malang Kotabaru, Suprapto tengah menunggu hasil penyelidikan yang kini terus berjalan.

"Sementara untuk penyebabnya masih dalam proses penyelidikan," pungkas Suprapto.

Gerbong KA berjalan sendiri dari stasiun Malang Kota Baru sampai stasiun Malang Kotalama bukan kali ini saja. Tahun 2011 lalu, lima gerbong KA Gajayana berjalan sendiri hingga menabrak rumah warga, satu orang tewas dalam kejadian itu.

Lihat juga video 'Penampakan KRL Anjlok di Kampung Bandan, 3 Gerbong Miring':

[Gambas:Video 20detik]



(iwd/iwd)