Antisipasi Buruh Kembali Demo di Surabaya, 4.015 Personel Polisi Disiagakan

Amir Baihaqi - detikNews
Kamis, 19 Nov 2020 10:26 WIB
kawat berduri persiapan demo
Polisi mulai memasang kawat berduri jelang demo buruh (Foto: Amir Baihaqi/detikcom)
Surabaya -

Ribuan buruh dari berbagai daerah kembali menggelar demo di Kota Pahlawan. Dalam demo ini buruh memiliki 5 tuntutan. Di antaranya, kenaikan upah Rp 600 ribu dan menolak omnibus law.

Kabag Humas Polrestabes Surabaya AKP M Akhyar mengatakan untuk mengamankan demo ini, polisi telah menyiapkan ribuan personel sejak pagi. Adapun jumlah yang disiagakan ada 4.015 personel.

"Pengamanan hari ini difokuskan di tiga tempat yaitu Gedung Negara Grahadi, kantor gubernur dan kantor DPRD Jatim dengan jumlah pengamanan 4.015 personel," ujar Akhyar kepada detikcom saat dikonfirmasi, Kamis (19/11/2020).

Ahkyar menambahkan personel yang disiagakan merupakan gabungan terdiri dari Polda Jatim, Polrestabes Surabaya dan polsek jajaran.

"Rinciannya terdiri dari petugas Polrestabes 672, polsek jajaran Polrestabes Surabaya 374, Polda Jatim 1.001, dalmas polres jajaran 1.002 dan instansi samping 966," jelasnya.

Sedangkan massa buruh yang datang, terang Akhyar, diperkirakan sekitar 1.000 orang. Tak hanya dari Surabaya, mereka rencananya juga akan datang dari Mojokerto, Gresik, Sidoarjo dan Pasuruan.

"Estimasi sekitar 1.000 buruh yang akan datang hari ini. Mereka dari berbagai daerah Mojokerto, Pasuruan dan Surabaya Raya," tutur Akhyar.

Pantauan detikcom di salah satu tempat yang akan menjadi titik demo kantor DPRD Jatim di Jalan Indrapura, polisi telah siaga sejak pagi. Tak hanya itu sejumlah mobil pengurai massa dan water canon serta kawat berduri mulai dipasang dan disiagakan.

(fat/fat)