Manfaat Kecerdasan Buatan Bagi Profesi Radiografer

Esti Widiyana - detikNews
Selasa, 17 Nov 2020 19:28 WIB
4 Manfaat Kecerdasan Buatan Bagi Profesi Radiografer
Foto: Tangkapan Layar
Surabaya -

Kecerdasan buatan atau Artificial Intelligence (AI) mulai mengambil peran di bidang radiologi untuk membantu dokter dalam peningkatan kualitas interpretasi citra. Lalu, apakah AI akan menggeser profesi radiografer?

Konsultan radiologi senior dr Paulus Rahardjo SpRad (K) mengatakan AI merupakan senjata dan tidak akan menggeser profesi radiografer. Justru sebaliknya, tanpa alat tersebut, profesi radiografer akan terancam.

"Tergantung senjata ini dipegang siapa. Jika dipegang oleh industri atau pemilik modal yang besar, profesi radiologi mungkin terancam," kata Paulus, Selasa (17/11/2020).

Dosen Fakultas Kedokteran Universitas Airlangga (FK Unair) itu menjelaskan, AI bisa membantu mengembangkan keahlian dokter dalam menginterpretasi citra medis. Sebab dalam waktu yang singkat, kecerdasan buatan ini bisa mengakses informasi dalam jumlah yang besar.

"Sehingga dapat memprediksi kondisi pasien. AI dapat melihat ratusan ribu kasus dalam hitungan detik saja. Jelas saja dia memiliki kecerdasan untuk bisa memprediksi kondisi pasien dengan kemampuan yang lebih baik," ujarnya.

Apa saja yang bisa dikerjakan AI. Selengkapnya ada di halaman berikutnya.

Selanjutnya
Halaman
1 2