Khofifah Serahkan Sertifikat Warisan Budaya Tak Benda ke Bupati Banyuwangi

Ardian Fanani - detikNews
Minggu, 15 Nov 2020 10:30 WIB
Gubernur Khofifah Serahkan Sertifikat Warisan Budaya Tak Benda kepada Bupati Banyuwangi
Gubernur serahkan sertifikat ke Bupati Anas (Foto: Ardian Fanani/detikcom)
Banyuwangi -

Bupati Banyuwangi Abdullah Azwar Anas secara simbolis menerima sertifikat dari Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Paranwansa atas terpilihnya Mocoan Lontar Yusuf sebagai Warisan Budaya Tak Benda (WBTB). Didampingi Wakil Gubernur Jawa Timur Emil Elestianto Dardak, sejumlah sertifikat WBTB lain juga diberikan ke sejumlah kepala daerah di rangkaian acara Aktivasi Seni Budaya Daerah 2020 di Pantai Villaa Solong, Sabtu malam (14/11/2020).

Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Jawa Timur, Sinarto mengatakan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan menetapkan salah satu tradisi budaya masyarakat Osing Banyuwangi yakni Mocoan Lontar Yusuf sebagai Warisan Budaya Tak Benda (WBTB).

"Ada sekitar 20 yang telah diakui oleh pemerintah pusat sebagai warisan budaya tak benda, salah satunya Mocoan Lontar Yusuf dari Banyuwangi," kata Sinarto.

Dia menambahkan WBTB merupakan sebuah pengakuan pemerintah terhadap produk budaya tradisi yang ada di daerah. Dia mengungkapkan perlu diakuinya budaya tradisi oleh pemerintah supaya nilai-nilai budaya yang telah terbentuk tetap lestari serta mempermudah langkah untuk memajukan kebudayaan tersebut.

"Warisan budaya terebut semua berjalan di tengah-tengah masyarakat dan terus dilakukan oleh warga. Itu salah satu alasan pemerintah pusat mengakui sebagai Warisan budaya Tak Benda," ungkapnya.

Mocoan Lontar Yusuf merupakan tradisi yang dilakukan oleh masyarakat suku Osing Banyuwangi berupa pembacaan lontar (naskah) Yusuf. Lontar Yusuf sendiri adalah kitab kuno yang tertulis dengan aksara pegon dan berisi tentang Kisah Nabi Yusuf. Bentuknya berupa puisi tradisional yang terikat dalam aturan yang disebut pupuh. Total dalam Lontar Yusuf terdapat 12 Pupuh, 593 bait dan 4.366 larik.

Tonton juga 'Telur Asin Kini Jadi Warisan Budaya Takbenda Indonesia':

[Gambas:Video 20detik]

Selanjutnya
Halaman
1 2