Sempat Jadi Relawan di Wisma Atlet, Perawat Situbondo Meninggal Karena COVID-19

Ghazali Dasuq - detikNews
Kamis, 12 Nov 2020 19:12 WIB
almarhum saat jadi relawan dan foto pelepasan
Perawat Situbondo jadi relawan di Jakarta (Foto file: Ghazali Dasuqi/detikcom)
Situbondo -

Kabar duka datang dari dunia kesehatan Situbondo. Salah seorang perawat terbaiknya, Yudha Adhi Prathama (32), meninggal karena COVID-19, Kamis (12/11/2020). Pria yang pernah menjadi relawan COVID-19 di Wisma Atlet Jakarta itu mengembuskan nafas terakhirnya, di RSUD dr Abdoer Rahem Situbondo.

"Almarhum sempat dirawat beberapa hari. Dia masuk RSUD dr Abdoer Rahem sejak 7 November lalu, dan meninggal siang tadi," kata Plt Kepala Dinas Kesehatan Situbondo, Akhmad Yulianto kepada wartawan.

Tak heran, pelepasan jenazah almarhum dari RSUD dr Abdor Rahen Situbondo berjalan mengharukan. Hampir semua tenaga kesehatan RSUD berjejer di sepanjang jalan yang akan dilalui mobil ambulan pembawa almarhum. Mereka juga terus mengumandangkan kalimat tahlil.

Saat mobil ambulan melintas, tak jarang yang melambaikan tangan sebagai penghormatan terakhir untuk almarhum. Jenazah perawat yang berdinas di Puskesmas Banyuglugur itu dimakamkan di TPU Desa Sumberkolak Kecamatan Panarukan, tak jauh dari rumahnya.

"Hasil musyawarah keluarga, jenazah almarhum dimakamkan di TPU Desa Sumberkolak. Dia lahir di situ, meskipun sejak menikah ikut istrinya ke Besuki," tandas petugas Satgas COVID-19, Lukman Habsy.

Sebelum meninggal, Yudha Adhi Prathama merupakan relawan penanganan COVID 19. Sekitar bulan April 2020 lalu, dia pernah bergabung dengan tim Rumah Sakit Darurat Corona (RSDC) Wisma Atlet, Jakarta Pusat.