Seniman Ngawi Mulai Jalan Kaki dari Tugu Pahlawan Surabaya ke Monas

Deny Prastyo Utomo - detikNews
Rabu, 11 Nov 2020 16:21 WIB
Seorang seniman asal Ngawi mulai jalan kaki dari Surabaya ke Jakarta untuk memperingati Hari Pahlawan. Ia juga akan kampanye soal protokol kesehatan.
Seorang seniman asal Ngawi mulai jalan kaki dari Surabaya ke Jakarta/Foto: Deny Prastyo Utomo
Surabaya -

Seorang seniman asal Ngawi mulai jalan kaki dari Surabaya ke Jakarta untuk memperingati Hari Pahlawan. Ia juga akan kampanye soal protokol kesehatan.

Seniman ini bernama Djoko Sukmo Lelono (54). Ia akan berjalan kaki dari Tugu Pahlawan Surabaya menuju Monumen Nasional (Monas) Jakarta.

Saat ditemui di Monumen Titik Nol Surabaya sekitar pukul 12.30 WIB, pria berambut panjang ini mengenakan udeng. Ia juga menggunakan pakaian Surjan berwarna merah, serta membawa tas dan bendera merah putih.

Ia bersama istrinya tengah mempersiapkan perbekalan. Mulai dari vitamin dan juga masker, yang akan dibawa dalam perjalanan dari Tugu Pahlawan menuju Monas.

Seorang seniman asal Ngawi mulai jalan kaki dari Surabaya ke Jakarta untuk memperingati Hari Pahlawan. Ia juga akan kampanye soal protokol kesehatan.Seorang seniman asal Ngawi mulai jalan kaki sambil membagikan masker/ Foto: Deny Prastyo Utomo

Aksi jalan kaki tersebut dilakukan untuk memperingati Hari Pahlawan. Juga untuk mengajak masyarakat bangkit di tengah pandemi COVID-19.

Di Jalan Pahlawan dan Jalan Kramat Gantung, ia tampak membagikan masker kepada warga yang tidak menggunakan. "Rencananya mau jalan kaki dari Tugu Pahlawan menuju Tugu Monas, Jakarta," kata Djoko kepada wartawan di Surabaya, Rabu (11/11/2020).

Ia menambahkan, jalan kaki menuju Monas diperkirakan membutuhkan waktu sekitar 1,5 bulan. Djoko mengaku, aksi berjalan kaki tersebut termotivasi oleh semangat juang para Pahlawan.

"Yang memotivasi saya itu adalah satu untuk memperingati Hari Pahlawan, dan kedua untuk menumbuhkan rasa cinta tanah air, semangat nasionalisme, solidaritas dan juga (soal) kesenjangan sosial," ungkap Djoko Sukmo.

Lihat juga video 'Prihatin Kondisi Corona, Junaedi Jalan Kaki dari Subang-Jakarta':

[Gambas:Video 20detik]