Bertebaran Spanduk Black Campaign di Banyuwangi yang Jatuhkan Salah Satu Paslon

Ardian Fanani - detikNews
Senin, 09 Nov 2020 14:50 WIB
black campaign di banyuwangi
Salah satu spanduk black campaign di Banyuwani (Foto: Ardian Fanani)
Banyuwangi -

Suhu politik di Banyuwangi mulai memanas. Itu seiring dengan bertebarannya spanduk yang diduga black campaign atau kampanye hitam. Spanduk ini diduga menjatuhkan pasangan calon bupati dan wakil bupati nomer urut 02, Ipuk Fiestiandani dan Sugirah.

Salah satu spanduk bertuliskan 'Wong wedok iku nggone nang sumur, dapur dan kasur, gak dadi Bupati" (Perempuan itu tempatnya di sumur, dapur dan kasur. Tidak menjadi Bupati). Spanduk berlatar warna merah putih itu ditemukan di beberapa titik di Banyuwangi. Di antaranya di Kecamatan Banyuwangi dan Kecamatan Glagah. Dalam spanduk tersebut tidak tercantum pembuat ataupun pemasangan.

"Sejak pagi tadi sudah terpasang di tempat ini (Jalan Ahmad Yani). Tidak tahu yang masang siapa di sini," ujar Rohmad warga sekitar kepada detikcom, Senin (9/11/2020).

Hal yang sama diungkapkan Subekti, warga Jalan Kepiting, Kecamatan Banyuwangi yang juga menemukan adanya spanduk bertuliskan yang sama. Spanduk itu terpasang di pinggir jalan.

black campaign di banyuwangiFoto: Ardian Fanani

"Warga tidak tahu siapa yang memasang. Kemarin belum ada. Mungkin dipasang pada malam hari," tambahnya.

Sementara itu, Komisioner Panwaslu Kecamatan Banyuwangi, Riko membenarkan adanya temuan spanduk yang diduga black campaign ini. Pihaknya masih melakukan koordinasi dengan polisi dan Bawaslu terkait dengan adanya spanduk tersebut.

"Sementara ada dua kita temukan. Langkah kami berkoordinasi dengan pihak kepolisian dan Bawaslu," ujarnya.

black campaign di banyuwangiFoto: Ardian Fanani

Hal yang sama diungkapkan oleh Slamet Kurniawan, Panwaslu Kecamatan Glagah. Menurut Slamet di wilayahnya juga ditemukan 2 spanduk diduga black campaign. Di Glagah ditemukan ajakan untuk tidak memilih paslon perempuan.

"Ada dua juga ditemukan di wilayah Glagah. Sementara kamu masih melakukan pemantauan lagi. Apakah ada lagi spanduk yang sama," pungkasnya.

Di Banyuwangi saat ini sedang berlangsung masa kampanye untuk pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Banyuwangi Tahun 2020. Dua calon bupati dan wakil bupati bersaing saat ini. Mereka adalah paslon nomer urut 01 Yusuf Widyatmoko dan KH Muhammad Riza Aziziy dan paslon nomer urut 02, Ipuk Fiestiandani Azwar Anas dan Sugirah.

(iwd/iwd)