Rakornas ICCN di Banyuwangi, Ini Pesan Menparekraf ke Pekerja Kreatif

Ardian Fanani - detikNews
Sabtu, 07 Nov 2020 22:55 WIB
Pesan Menparekraf Kepada Pekerja Kreatif Indonesia
Rakorban ICCN di Banyuwangi (Foto: Ardian Fanani/detikcom)
Banyuwangi -

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf), Wishnutama Kusubandio meminta semua pelaku kreatif di Indonesia memahami ekosistem pariwisata dan ekonomi kreatif secara menyeluruh.

Hal itu disampaikan Wishnutama saat bertatap muka secara virtual dengan peserta Rakornas ICCN dari seluruh wilayah Indonesia yang digelar di Banyuwangi, Sabtu (6/11/2020). Hadir dalam acara tersebut Bupati Banyuwangi Abdullah Azwar Anas dan Ketua Umum ICCN Fiki Satari.

ICCN adalah jejaring forum lintas komunitas kreatif yang ingin berkontribusi memastikan pembangunan kota/kabupaten di Indonesia ini bertumbuh dibangun dengan kreativitas. Berdiri sejak 2015, saat ini ICCN memiliki lebih dari 200 jejaring kabupaten/kota se-Indonesia. Rakornas ICCN 2020 berlangsung di Banyuwangi selama tiga hari, 5-7 November 2020 dan dihadiri 50 koordinator wilayah dari 211 kota/kabupaten anggota ICCN secara langsung. Ratusan anggota lainnya terhubung secara daring.

Wishnutama mengatakan bahwa pemahaman terhadap ekosistem parekraf ini penting, khususnya di era digital. Pelaku kreatif, menurutnya, tidak bisa hanya tergantung dengan produknya saja.

"Sebaik-baiknya produk, kalau kita tidak bisa menjualnya sangat disayangkan. Inilah tantangan kita semua ke depan, memahami ekosistem parekraf," katanya melalui video conference.

Ekosistem yang dimaksud antara lain bagaimana pengemasan produk, bagaimana memasarkan, bagaimana aturannya, memahami HAKI, akses permodalan, termasuk penguasaan teknologi.

"Itulah yang kita sebut whole ekosistem parekraf. Teman-teman kreatif harus paham secara komprehensif dari A - Z, sehingga pada saat nanti berusaha atau menciptakan daya tarik atau me-monetize agar potensi untuk sukses jauh lebih besar," kata dia.

Wishnutama juga menyebut peran ekonomi kreatif sangatlah penting dalam mengembangkan pariwisata nasional. Kenapa?

"Alam memang pemberian dari Allah, dan tugas menusia-lah menciptakan daya tarik lebih bagi alam tersebut. Kita semua harus memberi nilai lebih pada kekayaan alam kita untuk memajukan pariwisata nasional. Inilah peran dari ekonomi kreatif," kata Wishnutama.