Seorang Petugas Bawaslu Banyuwangi Positif COVID-19

Ardian Fanani - detikNews
Selasa, 03 Nov 2020 15:15 WIB
bawaslu banyuwangi tes swab
Bawaslu Banyuwangi di-swab (Foto: Ardian Fanani/detikcom)
Banyuwangi -

21 Jajaran Bawaslu Banyuwangi reaktif menjalani swab. Hasilnya, satu orang dinyatakan positif COVID-19 dan 17 orang negatif. Sementara hasil swab 3 petugas lainnya belum keluar.

"Saya sudah menerima laporannya. Satu positif, 17 orang negatif. Sementara yang tiga masih belum keluar hasil swabnya," kata Kepala Dinas Kesehatan Banyuwangi dr Widji Lestariono kepada wartawan, Selasa (3/11/2020).

Saat ini, kata Rio, satu pasien positif ini tidak memiliki gejala klinis alias orang tanpa gejala (OTG). Sehingga sejak dinyatakan reaktif rapid tes yang bersangkutan menjalani isolasi mandiri di rumah. Sementara tracing masih dilakukan kepada rekan kerja dan kerabat pasien positif.

Meski ada satu jajaran Bawaslu yang positif COVID-19, menurut Rio belum bisa dikatakan sebagai klaster pilkada.

"Klaster itu, jika ada satu yang positif kemudian menulari lainnya yang seprofesi dan lainnya baru itu bisa dikatakan klaster," tegasnya.

Kendati demikian, pihaknya tetap mewaspadai ancaman klaster pilkada, mengingat banyak tahapan yang sifatnya membuat kerumunan orang. Terlebih saat tahapan kampanye dimana aktivitas paslon maupun tim pemenangannya sulit dipantau.

Selanjutnya
Halaman
1 2