Alinamed, Aplikasi yang Bisa Datangkan Dokter di Mana dan Kapan Saja

Esti Widiyana - detikNews
Sabtu, 31 Okt 2020 07:49 WIB
Tingkatkan Kualitas Hidup Masyarakat Indonesia Lewat Alinamed
Foto: Istimewa
Surabaya -

Alumni FK Unair meraih juara 1 Zona Timur Wirausaha Muda Mandiri tahun 2020 kategori Teknologi. Prestasi ini diraih dr Riswanda Noorisa, setelah menciptakan platform digital yang bisa digunakan siapa saja untuk mendatangkan dokter di manapun dan kapanpun.

Aplikasi ini diberi nama Alinamed. Aplikasi ini dapat memanggil dokter pada saat pasien membutuhkan penanganan. Semula aplikasi ini diperuntukkan pasien rawat jalan, namun juga bisa dikembangkan menjadi lifestyle hidup sehat.

"Menurut saya, dokter tidak bisa hanya duduk di klinik atau tempat praktik saja. Melainkan harus datang ke tempat-tempat sumber terjadinya lifestyle yang buruk. Itulah mengapa dokter di Alinamed kami dorong untuk mau datang, supaya dapat menyelesaikan masalah langsung ke akarnya," kata Riswanda, Sabtu (31/10/2020).

Riswanda menjelaskan, Alinamed dapat melayani pasien untuk rawat luka diabetes, rawat luka bakar, cek gula, asam urat dan kolesterol. Dapat mengganti selang makan dan selang kencing, Suntik KB, konsultasi hingga mengantarkan obat.

"Kami juga mengembangkan artificial intelligence untuk membantu dokter memberikan diagnosa dan informasi kemungkinan penyakit 5-10 tahun mendatang dengan komprehensif. Selain itu, kalau dalam perjalanannya pasien membutuhkan layanan atau tindakan khsuus, bahkan perlu dirujuk ke rumah sakit, kami bisa memfasilitasinya," jelasnya.

Data WHO menunjukkan, sekitar 71 persen kematian di Indonesia diakibatkan oleh penyakit yang ada hubungannya dengan gaya hidup buruk. Seperti stroke, diabetes, penyakit jantung dan lain-lain.

"Saya berharap, Alinamed bisa meningkatkan Quality of Life masyarakat Indonesia, dan dapat menjadi aplikasi yang sustainable, baik saat ada pandemi maupun tidak," pungkasnya.

(fat/fat)