Libur Panjang, Satgas COVID-19 Jatim Tingkatkan Tes Swab Jadi 30 Ribu

Faiq Azmi - detikNews
Jumat, 30 Okt 2020 16:28 WIB
Klub Bunga Resort
Wisata Klub Bunga Resort (Foto: Faiq Azmi)
Surabaya -

Libur panjang dikhawatirkan memunculkan klaster baru. Satgas COVID-19 Jatim akan meningkatkan testing kepada warga.

"Jumlah testing akan terus ditingkatkan guna mencegah terjadinya klaster akibat liburan panjang. Minggu lalu (19/10) sampai (25/10) tercapai 27.279 kasus yang dites. Untuk minggu ini, Satgas COVID-19 Jatim akan tingkatkan jadi 30 ribu testingnya," ujar Anggota Satgas Kuratif COVID-19 Jatim dr Makhyan Jibril saat dikonfirmasi detikcom, Jumat (30/10/2020).

Jibril menjelaskan ditingkatkannya testing ini agar bisa mencakup lebih banyak orang. Prioritas utama yang dites yakni kontak erat, orang dalam risiko hingga klaster baru.

"Kita terus monitoring bersama satgas COVID-19 kabupaten/kota untuk melihat ada kenaikan kasus baru atau tidak. Terutama di daerah yang menjadi pusat tujuan wisata," terangnya.

30 ribu testing itu sendiri, lanjut Jibril, masih belum memenuhi standar dari WHO yakni minimal 40 ribu setiap minggunya. Namun Jibril menyebut pihaknya terus menggenjot jumlah case/spesimen yang diperiksa.

"30 ribu itu kita tingkatkan, memang standar WHO itu 40 ribu setiap pekannya. Karena penduduk di Jatim sekitar 40 juta. 30 ribu itu swab test ya, dan di Jatim sudah ada 66 laboratorium yang beroperasi mesin PCR-nya," imbuhnya.

Selain itu, dimasifkannya operasi yustisi saat liburan panjang diharapkan bisa mengurangi risiko penyebaran. Satgas Jatim juga mengimbau untuk usia rentan agar di rumah saja.

"Utamakan untuk tetap berada di rumah/di lingkungan sekitar saja. Apabila memang terpaksa ingin keluar kota, pastikan kondisi aman dan sudah dites supaya tidak menulari ibu, kakek, dan nenek yang berada di daerah. Usia rentan lebih baik di rumah saja," pungkasnya.

(iwd/iwd)