Warga Pasuruan Gotong Royong Perbaiki Baliho Gus Ipul-Mas Adi yang Dirusak

Muhajir Arifin - detikNews
Rabu, 28 Okt 2020 16:59 WIB
Warga Gotong Royong Perbaiki Baliho Gus Ipul-Mas Adi yang Dirusak
Foto: Istimewa
Pasuruan -

Perusakan baliho kampanye paslon Cawali dan Cawawali Pasuruan nomor urut 1 Saifullah Yusuf (Gus Ipul) - Adi Wibowo (Mas Adi) membuat pendukung semakin solid. Pendukung dan warga bergotong-royong memperbaiki baliho yang rusak di berbagai tempat.

Gotong-royong memperbaiki baliho dilakukan puluhan warga di sejumlah lokasi di empat kecamatan. Baliho yang masih bisa diperbaiki mereka perbaiki, diplester atau dilem. Sementera yang sudah rusak parah mereka turunkan lantas diganti yang baru.

"Warga melakukan perbaikan baliho secara swadaya. Semangatnya Holopis Kuntul Baris. Kalian rusak satu baliho, kami akan dirikan lagi seribu baliho," ujar Mansur, tokoh masyarakat asal Bugullor, Kota Pasuruan, Rabu (28/10/2020).

Mansur yang mantan Ketua Ansor Kota Pasuruan ini mengatakan gotong-royong dilakukan sejak Selasa malam hingga semua baliho kembali utuh. Menurutnya, baliho yang rusak jauh lebih banyak dari temuan awal.

"Perusakan baliho justru membulatkan dan menyolidkan pendukung. Warga semakin solid memenangkan Gus Ipul-Mas Adi," ujar Mansur.

Ketua Tim Pemenangan Pasangan Gus Ipul-Mas Adi, Abdullah Junaidi, mengatakan selama dua hari terakhir posko pemenangan didatangi banyak warga. Mereka meminta baliho untuk di pasang di kampung-kampung mereka.

"Kami sampai kewalahan. Ada lebih dari 50 baliho yang sudah diminta dari kami. Kami bilang kalau baliho ada, namun tak ada biaya pemasangan. Tapi mereka tetap mau masang," kata politisi PKB ini.

Junaidi mengatakan, baliho yang rusak jauh lebih banyak dari temuan awal. "Lebih dari 50 baliho Gus Ipul-Mas Adi dirusak. Perusakan diduga dilakukan dengan sistematis dan terencana. Baliho yang rusak tersebar di hampir seluruh penjuru kota," ungkapnya.

Seperti diberitakan baliho-baliho kampanye Gus Ipul-Mas Adi dirusak orang tak dikenal, Minggu (25/10/2020) dini hari. Kerusakan rata-rata di bagian gambar wajah calon yang dibuang, ada juga yang dirobek seluruhnya sehingga tinggal kayu. Di lokasi lain, satu baliho hilang dari tempatnya.

(fat/fat)