Pengacara Sebut Penangkapan Gus Nur Tak Prosedural

Amir Baihaqi - detikNews
Sabtu, 24 Okt 2020 23:12 WIB
gus nur
Kuasa hukumm Gus Nur memperlihatkan surat penangkapan Gus Nur (Foto: Istimewa)
Surabaya -

Sugi Nur Rahardja alias Gus Nur ditangkap dan ditetapkan sebagai tersangka atas kasus ujaran kebencian. Tim kuasa hukum Gus Nur menilai penangkapan tersebut dinilai tak prosedural.

"Karena kan Gus Nur dalam penangkapan itu sudah jadi tersangka. Sementara ini kan kalau proseduralnya minimal panggilan dulu sebagai saksi, ada lidik, setelah itu dipanggil lagi, ada dua barang bukti," tegas Andry Ermawan kuasa hukum Gus Nur kepada detikcom, Sabtu (24/10/2020).

"Kalau dia tidak kooperatif baru bisa dijemput paksa. Nah ini kan tidak. Kami juga menyayangkan ditangkap malam-malam hari. Tengah malam di atas pukul 23.00 WIB," tambahnya.

Tak hanya itu, lanjut Andry, usai penangkapan dan dibawa ke Jakarta, istri dan anak Gus Nur kemudian disuruh menandatangani sejumlah surat. Meski begitu, Andry mengaku pihaknya akan tetap menghormati proses hukum yang saat ini berjalan.

"Kemudian juga ada penandatangan surat-surat tersebut setelah Gus Nur dibawa. Baru kemudian tim berikutnya menyodorkan surat-surat yang harus ditandatangani anak dan istrinya," terang Andry.

"Makanya kami akan menunggu hasil dari pemeriksaan BAP Bareskrim," tandas Andry.

(iwd/iwd)