Selain Nakes dan Komorbid, Warga Miskin Diprioritaskan Dapat Vaksin Gratis

Ardian Fanani - detikNews
Jumat, 23 Okt 2020 13:38 WIB
bpjs kesehatan
Foto: Ardian Fanani
Banyuwangi -

Wacana pemberian vaksin COVID-19 oleh pemerintah pusat terus bergulir. Namun, tampaknya tak semua orang akan mendapatkan vaksin tersebut secara cuma-cuma. Masyarakat yang diproyeksikan untuk mendapat vaksin COVID-19 secara gratis adalah mereka yang masuk di bawah garis kemiskinan.

"Masyarakat yang diproyeksikan untuk mendapat vaksin COVID-19 secara gratis adalah mereka yang masuk di bawah garis kemiskinan," ujar Sekretaris Eksekutif Komite Penanganan COVID-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional (KPPEN) Raden Pardede dalam forum webinar yang digelar BPJS Kesehatan, Jumat (23/10/2020).

Sementara untuk kelas menengah ke atas diharapkan membayar sendiri biaya vaksin tersebut. Terkait data siapa-siapa yang harus membayar dan tidak, Pardede mengatakan jika pemerintah sedang melakukan filter data. Salah satu acuan data yang digunakan nantinya adalah para Penerima Bantuan Iuran (PBI) Jaminan Kesehatan Nasional dari BPJS Kesehatan.

"Ada memang kelompok masyarakat yang diberikan gratis, dan ada juga yang vaksinasi dengan biaya sendiri. Angka tadi (dari BPJS) harus kita fix kan dulu,"ujar Pardede.

Data itu menurutnya berisi masyarakat yang selama ini mendapatkan bantuan baik dari pemerintah pusat maupun daerah. Mereka juga dianggap berada di bawah garis kemiskinan sehingga layak memperoleh bantuan.

"Secara nasional, ada 96,6 juta PBI yang memperoleh bantuan dari APBN. Sedangkan yang memperoleh PBI dari APBD tercatat ada 35,1 juta orang," pungkasnya.

Selanjutnya
Halaman
1 2