Di Masa Pandemi COVID-19, BNPT Imbau Negara APEC Tetap Waspada Terorisme

Hilda Meilisa Rinanda - detikNews
Kamis, 22 Okt 2020 21:48 WIB
Kepala Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT) Komjen Boy Rafli Amar, mengimbau negara yang tergabung dalam Asia-Pacific Economic Cooperation (APEC), untuk meningkatkan kewaspadaan terhadap aksi terorisme.
16th APEC Counter Terrorism Working Group (CTWG)/Foto: Hilda Meilisa Rinanda
Surabaya -

Kepala Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT) Komjen Boy Rafli Amar, mengimbau negara yang tergabung dalam Asia-Pacific Economic Cooperation (APEC), untuk meningkatkan kewaspadaan terhadap aksi terorisme. Meski saat ini pandemi COVID-19.

Hal ini disampaikan Boy Rafli saat memimpin delegasi Indonesia di pertemuan daring 16th APEC Counter Terrorism Working Group (CTWG). Pertemuan ini diselenggarakan oleh Malaysia sebagai Ketua APEC 2020 dan diikuti perwakilan seluruh negara anggota APEC.

Pada kesempatan ini, Boy Rafli menyatakan, seluruh negara di dunia memang terdampak pandemi COVID-19, sehingga mengalami penurunan seluruh aspek pembangunan. Misalnya aspek ekonomi, sosial, budaya hingga keamanan.

Sementara dalam aspek keamanan, khususnya penanggulangan terorisme, Boy menyebut seluruh negara harus tetap waspada. Meskipun pada masa pandemi banyak negara menutup perbatasan. Sehingga membatasi pergerakan para teroris, faktanya organisasi teroris memanfaatkan pandemi untuk menyebarkan narasi, melakukan rekrutmen dan menggalang dana.

"Negara-negara APEC tetap perlu mempertahankan tingkat kewaspadaan, termasuk upaya yang berkelanjutan dalam melawan terorisme," kata Boy Rafli di Surabaya, Kamis (22/10/2020).

Boy menyebut adanya kelesuan sosial ekonomi akibat COVID-19 juga membuat risiko ancaman terorisme naik. Di mana pandemi ini telah menciptakan risiko ancaman terorisme baik dalam jangka pendek maupun jangka panjang.

Selanjutnya
Halaman
1 2