Dicurhati Petani dan Petambak soal Pupuk dan Pakan, Ini Kata Cabup Sidoarjo

Suparno - detikNews
Kamis, 22 Okt 2020 17:40 WIB
Sektor Pertanian Menjadi Perhatian Pasangan Kelana-Astutik
Foto: Suparno
Sidoarjo -

Paslon Bupati dan Bupati dan Wakil Bupati Sidoarjo, Kelana-Dwi Astutik mendapat keluhan petani dan petambak soal kelangkaan pupuk dan pakan. Hal ini menjadi perhatian khusus bagi pasangan yang diusung PDIP di Pilkada Serentak 2020 ini, karena sektor pertanian di Sidoarjo menopang perekonomian setempat.

Sidoarjo masih memiliki lahan pertanian dan tambak yang berkontribusi pada ketahanan pangan bagi masyarakat. Oleh karena itu, sektor pertanian harus diberikan perhatian oleh pemerintah daerah. Terlebih saat ini banyak sekali persoalan yang menimpa para petani dan petambak. Petani kerap kali menghadapi masalah kelangkaan pupuk, sedangkan petambak tidak jarang kesulitan pakan ikan.

Seperti yang diungkapkan oleh Husain Wahyudi (39), Ketua Gabungan Kelompok Tani (Gapoktan) di Desa Prasung Kecamatan Buduran Kabupaten Sidoarjo.

Menurutnya, sudah hampir tiga masa panen ini kondisi para petani di Desa Prasung terus mengalami kerugian. Menurut dia, kerugian yang dialami petani di Prasung ini diakibatkan oleh hama tikus yang merusak tanaman padi milik mereka.

"Selain tikus, di Prasung ini, sulit air untuk mengairi sawah mas. Belum lagi masalah pupuk yang kerap langka. Ini harus ada perhatian pemerintah," jelas Husein.

Pihaknya sudah berkoordinasi dengan pemerintah daerah dan meminta bantuan. Tetapi di masa pandemi ini hampir semua dana termasuk dana pertanian telah dialokasikan untuk mengatasi pandemi.

Selanjutnya
Halaman
1 2