Masuk Zona Kuning, Pengajuan Izin Hajatan di Tulungagung Membeludak

Adhar Muttaqin - detikNews
Kamis, 22 Okt 2020 07:44 WIB
Pengajuan Izin Hajatan di Tulungagung Membeludak
Foto: Adhar Muttaqin
Tulungagung -

Gugus Tugas Percepatan Penanganan (GTPP) Tulungagung mengaku jumlah pemohon penyelenggara hajatan di masa pandemi COVID-19 membeludak selama dua bulan. Ini seiring dibuka Tulungagung masuk zona kuning.

Anggota Pengendalian Operasional GGTP COVID-19 Tulungagung Dedi Eka Purnama, mengatakan peningkatan jumlah permohonan penyelenggaraan hajatan mulai membeludak pada bulan September. Dalam satu bulan bisa mencapai lebih dari 400 izin hajatan.

"September itu untuk hajatan saja ada sekitar 400 izin masuk, kemudian bulan Oktober sampai dengan hari ini sudah lebih dari 300 pengajuan izin," kata Dedi, Kamis (22/10/2020).

Menurutnya para pemohon hajatan biasanya akan diberikan izin gugus tugas, jika sanggup untuk mematuhi berbagai protokol kesehatan. Hal ini untuk meminimalisir terjadinya penyebaran virus Corona. Penyelenggara hajatan juga diwajibkan menyediakan perlengkapan pendukung, seperti tempat cuci tangan maupun penyanitasi tangan.

Dibukanya keran perizinan hajatan tersebut karena Tulungagung telah masuk kategori zona kuning, atau tingkat penyebaran Corona relatif rendah. Meski demikian para penyelenggara hajatan diminta untuk konsisten dalam penerapan protokol kesehatan, sehingga tujuan hajatan dapat terlaksana dengan baik, tanpa mengabaikan protokol kesehatan.

Selanjutnya
Halaman
1 2