Sekilas Jatim: Gus Nur Pertanyakan Laporannya-Pimpinan Ponpes Gontor Wafat

Tim Detikcom - detikNews
Rabu, 21 Okt 2020 20:04 WIB
gus nur
Gus Nur didampingi pengacara (Foto: Istimewa)
Surabaya -

Beberapa berita di Jawa Timur hari ini menjadi perhatian banyak pembaca. Seperti soal Gus Nur yang dilaporkan hina NU dan Pimpinan Ponpes Gontor KH Abdullah Syukri Zarkasyi tutup usia.

Ini rangkuman beritanya sepanjang hari ini, Rabu (21/10/2020).

Sugi Nur Rahardja alias Gus Nur menyatakan siap menghadapi proses hukum terkait laporan dari Aliansi Santri Jember yang dinilai telah menghina NU. Namun Gus Nur juga meminta keadilan terkait laporannya yang selama ini mangkrak setahun terakhir di Polda Jatim. L

Laporan yang dimaksud Gus Nur adalah pemilik akun YouTube Macan Nusantara atau Gus Arya yang telah menghina Gus Nur. Laporan itu dilayangkan Gus Nur ke Pold Jatim pada Kamis 5 September 2019. Dalam laporannya, Gus Nur menilai Gus Arya telah menghinanya salah satunya dengan menyebut idiot.

Andry Ermawan, kuasa hukum Gus Nur menjelaskan, laporan itu bukannya tidak diproses. Namun penyidikan begitu lamban dan sudah hampir setahun ini tak kunjung selesai.

"Saya sudah menanyakan ke penyidik. Tapi baru akan memeriksa saksi ahli bahasa. Nah itu sudah lama. Kalau laporan dari teman-teman santri begitu cepat kalau UU ITE. Nah itu juga kan laporan kami soal UU ITE juga. Sementara Arya dipanggil juga tidak datang, tidak kooperatif sampai sekarang" terang Andry kepada detikcom, Rabu (21/10/2020).

Andry melanjutkan hal itu berbanding terbalik jika ada laporan yang ditujukan kepada Gus Nur yang begitu cepat ditangani. Untuk itu itu, ia berharap penegakan hukum bisa imbang dan adil.

Kasubdit Cyber Crime Ditreskrimsus Polda Jatim AKBP Catur Cahyono mengatakan pihaknya masih melakukan penyelidikan atas laporan Gus Nur. Namun, Catur enggan merinci secara detail sampai mana penyelidikan laporan ini.

Selanjutnya
Halaman
1 2