Mantan Pangkostrad Hadi Waluyo Meninggal Setelah 2 Tahun Lawan Penyakit

Esti Widiyana - detikNews
Senin, 19 Okt 2020 15:02 WIB
Mantan pangkostrad Letjen TNI Purn Hadi Waluyo Tutup Usia Setelah Melawan Penyakit 2 Tahun
Foto: Esti Widiyana
Surabaya -

Kabar duka menyelimuti TNI Angkatan Darat (AD). Pangkostrad Letjen TNI Purn Hadi Waluyo meninggal dunia. Alamrhum meninggal, Minggu (18/10) pukul 19.05 WIB di usia 70 tahun di RS Darmo Surabaya karena penyakit yang diderita selama dua tahun Myelodysplastic Syndrome (MDS).

Anak ketiga Letjen TNI Purn Hadi Waluyo, Nur Aini Fitria (27) mengatakan almarhum meninggal akibat penyakit MDS kelainan darah dan infeksi pencernaan kronis. Atau tidak bisamemproduksi sum-sum tulang belakang.

"Penyakit MDS sudah dua tahun dan sudah melakukan pengobatan di Malaysia, Singapore sampai Ukraina. Karena penyakit ini terbilang jarang di Indonesia. Mungkin tidak semua orang terkena penyakit ini," kata Aini kepada detikcom di rumah duka di Jalan Rungkut Asri IX Surabaya, Senin (19/10/2020).

Sebelum mengembuskan nafas terakhir, almarhum dirawat selama empat hari di RS Darmo. Aini menjelaskan, masuk RS pada Kamis (15/10) dengan kondisi stabil. Kemudian pada Sabtu (17/10) kondisinya mulai menurun.

"Kamis, Jumat membaik stabil, Sabtunya jam 15.00 WIB kondisi sudah mulai menurun. Keluarga menyarankan agar segera masuk ICU. Minggu 01.30-04.00 WIB dini hari sudah gagal nafas tiga kali sampai akhirnya menggunakan ventilator untuk pernafasan. Sejak gagal nafas kesadarannya menurun dan Minggu malam meninggal," jelasnya.

Sebelum disemayamkan, prosesi penyerahan di kediaman dipimpin Pangdam V/Brawijaya Mayjen TNI Widodo Iryansyah. Saat dimakamkan di TMP Mayjend Sungkono, Irup dipimpin Pangkostrad Letnan Jenderal TNI Eko Margiyono MA.

Lihat juga video 'Positif Corona, Pollycarpus Budihari Prijanto Meninggal Dunia':

[Gambas:Video 20detik]



Selanjutnya
Halaman
1 2