Tokoh Masyarakat Diingatkan Jaga Kamtibmas Masa Kampanye Pilbup Ponorogo

Charoline Pebrianti - detikNews
Jumat, 16 Okt 2020 12:09 WIB
polres ponorogo
Polres Ponorogo Menggelar Focus Group Discussion (FGD)/Foto: Charoline Pebrianti
Ponorogo - Tokoh masyarakat diingatkan untuk ikut dan tetap menjaga Kamtibmas saat masa kampanye Pilbup Ponorogo. Kerumunan massa dilarang dan tetap menjaga protokol kesehatan.

"Jangan sampai mengundang massa yang banyak, tetap taati protokol kesehatan serta maklumat Kapolri," tutur Kapolres Ponorogo AKBP Mochamad Nur Azis kepada detikcom, Jumat (16/10/2020).

Azis menjelaskan pihaknya pun mengingatkan kepada para paslon juga harus menerapkan Pengaturan Komisi Pemilihan Umum (PKPU).

"Tidak ada reog, gajah-gajahan, wayangan atau giat yang mengundang kerumunan karena takutnya jadi klaster," ujar Azis.

Azis menambahkan pihaknya pun mengadakan Forum Grup Discussion (FGD) mengundang peran tokoh masyarakat dalam mencegah aksi unjuk rasa anarki demi mewujudkan situasi Kamtibmas yang aman kondusif.

Azis mengaku dukungan ormas, tokoh agama dan masyarakat mampu menciptakan kondusifitas warga. Terutama di masa kampanye.

"Kami mengundang para tokoh masyarakat untuk deklarasi bersama supaya ikut menjaga keamanan dan ketertiban masyarakat," terang Azis.

Isi deklarasi itu adalah pertama mengutuk keras atas kejadian aksi unjuk rasa anarkisme. Kedua mendukung Polri dalam penegakan hukum terhadap pelaku anarkisme secara profesional. Dan ketiga siap mendukung dan membantu kepolisian resor Ponorogo dalam menciptakan situasi kamtibmas yang aman, damai dan kondusif.

"Kami ingin seluruh elemen masyarakat bisa turut menjaga keamanan di wilayah masing-masing," pungkas Azis. (iwd/iwd)