Waspada Sejumlah Wilayah di Jatim Diguyur Hujan, Ini Persebarannya

Hilda Meilisa - detikNews
Jumat, 16 Okt 2020 10:10 WIB
bmkg juanda
Foto: Tangkapan Layar
Surabaya -

Sejumlah wilayah di Jawa Timur akan diguyur hujan ringan hingga lebat hari ini. Tak hanya itu, hujan juga disertai petir dan angin kencang diperkirakan terjadi sesaat.

Kasi Data dan Informasi BMKG Klas I Juanda Surabaya, Teguh Tri Susanto mengatakan hujan ini akan terjadi siang hingga sore di wilayah Kabupaten Probolinggo, Lumajang, Jember dan Bondowoso.

"Waspadai hujan intensitas sedang hingga lebat disertai petir dan angin kencang sesaat pada siang sampai sore hari di wilayah Kabupaten Probolinggo, Lumajang, Jember dan Bondowoso," kata Teguh saat dikonfirmasi detikcom di Surabaya, Jumat (16/10/2020).

Kendati demikian, Teguh menyebut cuaca di wilayah Jatim didominasi cerah pada pagi hari. Dia menambahkan ada 92,7% kecamatan di Jatim yang diprakirakan cerah. Sementara ada 6,9% kecamatan yang berawan dan hanya 0,4% yang mengalami hujan ringan hingga sedang pada pagi hari.

"Prakiraan cuaca wilayah Jawa Timur dan sekitarnya hari ini pada siang hingga sore, ada 85,1 persen kecamatan yang cerah, berawan 3,6 persen, hujan Ringan hingga Sedang 7,1 persen, dan hujan lebat disertai Petir 4,3 persen," lanjut Teguh.

Sedangkan di malam hari, ada 55% kecamatan yang diprakirakan cerah, berawan 29,7%, berkabut 2,1%, dan hujan ringan hingga sedang 13,3%.

Tak hanya itu, Teguh menambahkan suhu udara di Jatim berkisar antara 13 sampai 35°C. Sedangkan untuk kelembapan udaranya di angja 45 sampai 100%. Untuk angin dominan dari Timur hingga Tenggara dengan kecepatan 05 sampai 30 km per jam.

(hil/fat)