Program UMKM Banyuwangi dari Ipuk Naik Kelas, Sandiaga Siap Jadi Mentor

Ardian Fanani - detikNews
Rabu, 14 Okt 2020 16:15 WIB
Kagum Program UMKM Naik Kelas dari Ipuk, Sandiaga Siap Jadi Mentor UMKM Banyuwangi
Sandiaga Uno di Banyuwangi (Foto: Ardian Fanani/detikcom)
Banyuwangi -

Pengusaha nasional sekaligus pendiri gerakan kewirausahaan OK OCE, Sandiaga Uno, bersedia menjadi mentor dalam program "Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) Naik Kelas" yang diusung Calon Bupati Banyuwangi, Ipuk Fiestiandani Azwar Anas.

"Bu Ipuk punya program UMKM Naik Kelas. Keren sekali, dan ini program yang tepat di tengah pandemi, langsung menjawab kebutuhan usaha rakyat. Saya akan terjun sendiri untuk memberikan pendampingan untuk mendukung program UMKM Naik Kelas bersama Bu Ipuk," kata Sandiaga saat berdiskusi bersama Ipuk Fiestiandani, dengan tema "Strategi Membangun Imunitas UMKM di Masa Pandemi COVID-19," Rabu (14/10/2020).

Diskusi digelar dengan memadukan offline dan online sesuai protokol kesehatan. Sandiaga mengatakan, salah satu kontribusi nantinya adalah bersama para jaringan pengusahanya yang sudah sukses baik dari Banyuwangi maupun luar Banyuwangi, melakukan pendampingan pelaku UMKM arus bawah dengan mentoring, serta melakukan reseller dan dropshipper bagi produk-produk UMKM di Banyuwangi.

"Nantinya dengan pendampingan bersama para pengusaha yang sudah besar, akan melakukan dropshipper dan reseller produk UMKM Banyuwangi, agar bisa dijual ke luar Banyuwangi bahkan ke luar negeri. Saya akan membantu," kata Sandiaga.

Dia mengatakan, UMKM merupakan 97 persen penyumbang lapangan pekerjaan. Karena itu, di momen Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) seperti ini, dibutuhkan kepala daerah yang memiliki kepedulian terhadap UMKM, apalagi dalam kondisi masa pandemi COVID-19 seperti ini.

"Bu Ipuk memiliki kepedulian terhadap UMKM. Selama ini Bu Ipuk terlibat aktif dalam peningkatan UMKM. Bahkan programnya UMKM Naik Kelas," kata Sandiaga.

Selanjutnya
Halaman
1 2