Rentan Pengaruhi Imun Tubuh, Ini Tips Agar Tak Mudah Sakit Saat Pancaroba

Hilda Meilisa - detikNews
Senin, 12 Okt 2020 07:32 WIB
BMKG menyatakan wilayah Indonesia saat ini memasuki masa pancaroba. Awan gelap pun tampak menyelimuti langit Kota Jakarta hari ini.
Ilustrasi (Foto: Rifkianto Nugroho/detikcom)

"Selalu berpikiran positif dengan mengelola stres agar daya tahan tubuh terjaga dengan baik," ungkap Dwi.

Dia juga menyarankan pentingnya istirahat cukup dan olah raga rutin. Masyarakat juga diimbau tetap menjaga kebersihan diri dan lingkungan. Karena, selain mulai memasuki pancaroba, kita juga masih menghadapi pandemi COVID-19.

Dwi menambahkan pada musim seperti saat ini daya tahan tubuh kita seperti berperang melawan agen penyakit.

"Jika kita sehat berarti daya tahan tubuhnya menang," pungkasnya.

Dosen Prodi Ilmu Kesehatan Masyarakat (IKM) Unusa Dwi HandayaniDosen Prodi IKM Unusa Dwi Handayani/Foto: Hilda Meilisa Rinanda

Sebelumnya, Kasi Data dan Informasi BMKG Juanda Surabaya, Teguh Tri Susanto mengatakan kewaspadaan dan kehati-hatian perlu ditingkatkan. Karena saat pancaroba kerap terjadi cuaca yang tidak menentu.

"Pancaroba bukan musim, tetapi masa peralihan musim yang ditandai oleh kondisi cuaca yang tidak menentu, dari panas tiba-tiba hujan, dari angin tenang tiba-tiba berubah angin kencang dan sebagainya," kata Teguh kepada detikcom di Surabaya, Minggu (11/10/2020).

Teguh menyebut beberapa daerah di Jatim mulai memasuki musim hujan di Bulan Oktober. Bahkan, ada daerah yang awal musim hujannya pada Desember.

"Di Jatim dominasi awal musim hujan jatuhnya di November, ada 73,7 persen daerah yang mulai memasuki musim hujan," pungkasnya.

Halaman

(hil/fat)