Rentan Pengaruhi Imun Tubuh, Ini Tips Agar Tak Mudah Sakit Saat Pancaroba

Hilda Meilisa - detikNews
Senin, 12 Okt 2020 07:32 WIB
BMKG menyatakan wilayah Indonesia saat ini memasuki masa pancaroba. Awan gelap pun tampak menyelimuti langit Kota Jakarta hari ini.
Ilustrasi (Foto: Rifkianto Nugroho/detikcom)
Surabaya -

Pancaroba atau masa peralihan antara musim kemarau ke musim hujan mulai terjadi di sejumlah wilayah Jawa Timur. Hal ini berpengaruh pada imunitas tubuh. Agar tetap sehat saat musim pancaroba di tengah pandemi, ini sejumlah hal yang bisa dilakukan.

Dosen Program Studi (Prodi) Ilmu Kesehatan Masyarakat (IKM) Universitas Nahdlatul Ulama Surabaya (Unusa) Dwi Handayani mengatakan kondisi tubuh di masa pancaroba memang rentan sakit. Karena, pengaruh dari kondisi cuaca yang tidak menentu seperti kadang panas lalu mendung.

Dwi menjelaskan di cuaca ekstra seperti ini, tubuh akan berusaha menyesuaikan dengan kondisi udara yang berubah ubah. Imun akan bekerja lebih keras, sehingga dibutuhkan imunitas yang bagus agar tidak mudah terjangkit penyakit.

"Terlebih seperti saat ini kondisi badan akan rentan terkena sakit ispa, diare, tifoid atau demam berdarah," kata Dwi di Surabaya, Senin (12/10/2020).

Salah satu yang bisa dilakukan masyarakat untuk meningkatkan daya tahan tubuh yakni makan makanan yang sehat dan bergizi seimbang. Dwi menyebut antara lemak dan protein harus seimbang. Begitu pula dengan asupan makanan bervitamin dan mineral juga harus cukup.

"Jika dirasa kurang, masyarakat dapat mengkonsumsi multivitamin," saran Dwi.

Tak hanya itu, Dwi mengingatkan agar masyarakat minum air yang cukup. Karena, di masa pancaroba yang panas, tubuh manusia rentan dehidrasi.

Simak juga video 'BMKG: Hujan Lebat Diprediksi di 22 Provinsi Indonesia':

[Gambas:Video 20detik]



Selanjutnya
Halaman
1 2