BMKG Juanda Sebut Jatim Baru akan Masuki Musim Hujan November

Hilda Meilisa - detikNews
Minggu, 11 Okt 2020 11:35 WIB
bmkg juanda
Foto: Tangkapan Layar
Surabaya -

Awal musim hujan di Jawa Timur diprakirakan terjadi pada bulan November. BMKG Klas I Juanda Surabaya menyebut 73,7 persen wilayah di Jatim mulai memasuki musim hujan pada November.

Namun, Kasi Data dan Informasi BMKG Klas I Juanda Surabaya, Teguh Tri Susanto menyebut ada beberapa daerah yang mulai memasuki musim hujan di Bulan Oktober. Bahkan, ada daerah yang awal musim hujannya pada Desember.

"Di Jatim dominasi awal musim penghujan jatuhnya di November, ada 73,7 persen daerah yang mulai memasuki musim hujan," kata Teguh kepada detikcom di Surabaya, Minggu (11/10/2020).

Sementara itu, Teguh menyebut puncak musim hujan di Jatim baru terjadi pada Januari 2021. Pihaknya sudah memetakan daerah mana saja yang akan memasuki dilanda hujan.

Teguh menambahkan ada beberapa hal yang perlu diantisipasi menjelang musim hujan. Salah satunya mengkoordinasi sistem peringatan dini bencana alam.

"Antisipasi musim hujan dilakukan dengan koordinasi sistem peringatan dini terjadinya banjir dan longsor. Lalu melakukan updating informasi KATAM atau kalender tan dan identifikasi lahan berpotensi banjir," imbuh Teguh.

Sementara itu, Teguh menambahkan antisipasi ini bisa dilakukan dengan mengecek infrastruktur desain banjir, gerakan memanen hujan dan Rencana optimalisasi waduk atau embung air. Selain itu, Teguh menilai identifikasi infrastruktur berisiko dampak cuaca ekstrim dan banjir juga penting dilakukan.

"Penting juga adanya penguatan informasi prediksi DBD, identifikasi daerah dan moda transportasi yang terdampak banjir, pemetaan kawasan berisiko banjir hingga mengecek infrastruktur sumber daya listrik," pesannya.

Tonton juga 'Panduan Kesiapsiagaan dan Evakuasi Hadapi Bencana di Tengah Pandemi':

[Gambas:Video 20detik]

(hil/iwd)