Keren, Pelajar SMP di Surabaya Ini Olah Serai Jadi Berbagai Produk Berkhasiat

Esti Widiyana - detikNews
Minggu, 11 Okt 2020 09:38 WIB
serai
Fernanda dan produk serai hasil olahannya (Foto: Esti Widiyana)
Surabaya -

Tanaman serai memiliki khas pada aromanya sebagai pelengkap bumbu masakan agar terasa lebih nikmat. Cymbopogon citratus atau nama lain dari serai mengandung banyak khasiat, seperti vitamin A, C, B3, B6, zinc, asam folat hingga kalsium.

Cymbopogon citratus juga dipercaya mampu meredakan berbagai penyakit yang ada dalam tubuh. Diantaranya dapat menurunkan tekanan darah, mengurangi risiko kanker, meredakan sakit tenggorkan, bahkan dapat mengusir nyamuk.

Berbagai produk makanan atau minuman dari tanaman serai pun kini banyak diolah oleh masyarakat. Salah satunya dilakukan oleh Fernanda Nova Adrian, siswa SMPN 18 Surabaya kelas 8.

Fernanda berinisiatif membudidayakan tanaman sereh. Kemudian dia mengolahnya menjadi berbagai macam produk yang memiliki banyak khasiat dan bisa menyehatkan tubuh.

"Saat ini sudah ada sekitar 1.700 tanaman serai yang berhasil saya budidayakan. Karena untuk membudidayakan serai sendiri caranya cukup mudah. Kalau saya menggunakan dua cara untuk menanamnya. Pertama dengan media tanah, dan kedua pakai media air. Hanya saja kalau pakai media air gampang busuk batang serainya," kata Fernanda, Mingu (11/10/2020).

Olahan produk minuman dan makanan dari tanaman serai yang dibuat pun diberi nama unik. Yakni Serujak (serai, daun jeruk, jahe, kayu manis), Seruni (serai, jeruk nipis), abate (sejenis obat nyamuk), permen serai, spray anti nyamuk dan pudding serai.

"Nah yang terbaru ini, saya mencoba membuat hand sanitizer, dan disinfektan dari tanaman serai dan tambahan bahan alami lainnya seperti cengkeh agar aman digunakan untuk tubuh," ujarnya.

Untuk proses pembuatan minuman serujak sendiri, pertama-tama tanaman serai yang telah dipanen dicuci dengan bersih dan dipotong dengan panjang10 cm. Setelah itu, serai dan jahe digeprek.

"Setelah digeprek, lalu ditambahkan gula merah dan gula putih, terus dicampur dengan air lalu diaduk, dan di masak di atas api kecil sampai mendidih. Setelah matang minuman serujak ini bisa dinikmati. Apalagi saat pandemi, minuman ini sangat cocok untuk meningkatkan imun tubuh," jelasnya.

Berkat inovasinya tersebut, Fernanda berhasil meraih Runner Up 1 Pangeran Lingkungan Hidup tingkat SMP 2020. Dia juga ingin terus mengembangkan berbagai inovasi lainnya yang menyehatkan tubuh.

"Ke depan saya akan membudidayakan dan menyosialisasikan tanaman tersebut lebih luas lagi. Terus saya juga akan mengembangkan produk saya, dan semoga produk yang saya buat bermanfaat untuk masyarakat," pungkasnya.

Tonton juga 'Serai, Bahan Sederhana Untuk Atasi Batuk-Pilek':

[Gambas:Video 20detik]

(iwd/iwd)