Ini Ari, Sosok Pemuda di Blitar Ajak Temannya Bersihkan Sampah Demo Omnibus Law

Erliana Riady - detikNews
Jumat, 09 Okt 2020 09:47 WIB
Ari, Kumpulkan Teman Buat Bersihkan Sampah Demo Omnibus Law
Pemuda kreatif memungut sampah usai demo (Foto: Erliana Riady/detikcom)
Blitar -

Selama jalannya demo tolak Omnibus Law yang dipenuhi massa kerap meninggalkan sampah. Di Blitar, ada sekelompok pemuda yang sengaja ke lokasi demo untuk keperluan satu ini. Mereka membersihkan sampah dan memanggil seorang pemulung untuk langsung mengangkutnya menggunakan becak.

Mereka bukan kumpulan pemuda pengangguran. Namun para pemilik kedai kopi yang tersebar di seluruh Blitar Raya. Ada yang dari Kecamatan Kesamben, Doko, Garum, Talun, Wlingi dan Kota Blitar sendiri.

Saat pendemo beranjak pergi, kelompok ini baru beraksi. Mereka mengajak peserta demo memasukkan gelas air mineral dan kertas-kertas ke dalam karung plastik hitam yang mereka sediakan. Mereka juga memungut puntung rokok yang tersebar di areal lokasi aksi.

"Kami bukan mahasiswa. Tapi kami ikut peduli dengan demo ini. Kami ini para penjual kopi yang ingin berpartisipasi dengan cara kami," kata Ari, sang koordinator kepada detikcom usai demo berakhir.

Ari tidak bisa menyebutkan secara pasti berapa jumlah yang ikut kelompoknya. Dia pun mengaku membersihkan sampah ini adalah aksi dadakan yang baru dibicarakan menjelang berlangsungnya aksi pada Kamis (8/10/2020).

Tonton juga video 'Tumpukan Sampah di Jalur Pantura Bikin Mata Sepet':

[Gambas:Video 20detik]



Selanjutnya
Halaman
1 2