Taman Alun-Alun Suroboyo Hancur Diinjak-injak Pendemo

Tim Detikcom - detikNews
Kamis, 08 Okt 2020 17:47 WIB
alun-alun surabaya rusak ulah pendemo
Alun-alun Suroboyo dirusak pendemo (Foto: Deny Prastyo Utomo/detikcom)
Surabaya -

Alun-Alun Suroboyo yang baru diresmikan 17 Agustus 2020 Wali Kota Risma jadi sasaran amuk pendemo. Pendemo dari kalangan remaja ini tak segan merusak taman.

Taman yang berjarak sekitar 200 meter dari Gedung Negara Grahadi hancur dirusak massa. Alun-alun Suroboyo yang bersatu dengan Balai Pemuda seluas sekitar 1,4 hektar, rusak parah.

Kaca-kaca untuk pencahayaan dan lampu-lampu hias untuk pencahayaan yang ada di sekitar taman, hancur. Selain itu tanaman dan bunga-bunga yang ada di sekitar lokasi diinjak-injak pendemo.

alun-alun surabaya rusak ulah pendemoAlun-alun Suroboyo rusak karena ulah pendemo/ Foto: Deny Prastyo Utomo

Dari pantauan detikcom sekitar pukul 16.30 WIB, Kamis (8/10/2020) pendemo tidak mengindahkan polisi yang berusaha membubarkan massa. Mereka kerap membawa batu dan melempar kembali ke petugas kepolisian.

Massa yang kebanyakan berusia muda itu mengambil dan merusak apapun benda-benda yang ada di depan matanya. Bahkan bola-bola yang terbuat dari semen untuk menghias area taman juga dibuang di tengah jalanan.

Semula demo tolak omnibus law tenaga kerja berjalan damai, namun tiba-tiba ada sekelompok pemuda melempari batu ke arah Gedung Grahadi. Polisi pun berusaha menghalau, namun massa lebih dulu merobohkan pagar Gedung Grahadi.

(fat/fat)