Pemkab Banyuwangi Fasilitasi Seniman Tampil Virtual Saat Pandemi COVID-19

Ardian Fanani - detikNews
Rabu, 07 Okt 2020 20:14 WIB
Pemkab Banyuwangi Fasilitasi Seniman Tampil Virtual Saat Pandemi COVID-19
Foto: Ardian Fanani
Banyuwangi -

Di tengah pandemi COVID-19, Pemkab Banyuwangi tetap berupaya menggeliatkan sektor kesenian daerah. Salah satunya dengan menggelar event "Banyuwangi Performance Art" secara virtual yang disiarkan secara live di platform media sosial.

Bupati Abdullah Azwar Anas mengatakan, di masa pandemi saat ini sejumlah kegiatan seni dan budaya yang biasa digelar dalam agenda Banyuwangi Festival, sejak Maret lalu terpaksa ditiadakan.

"Tentunya hal ini membawa konsekuensi bagi para pelaku seni di daerah. Meskipun hal ini juga dirasakan oleh banyak orang di bidang profesi lainnya. Untuk itu Pemkab berupaya untuk memberikan solusi meskipun dalam keterbatasan," ujar Anas kepada detikcom, Rabu (7/10/2020).

Salah satu solusinya dengan menggelar event seni secara virtual yang diberi tajuk "Banyuwangi Performance Art". Di event ini, pelaku seni daerah diberi kesempatan tampil secara bergiliiran dan disiarkan secara langsung melalui sejumlah kanal media sosial daerah.

"Para pelaku seni bergiliran tampil, ada yang di lokasi wisata, ataupun hotel. Performance mereka kita tampilkan secara live, sehingga siapa pun peminat seni bisa menikmati," kata Anas.

Anas mengatakan, langkah ini adalah upaya Pemkab Banyuwangi tetap menggeliatkan aktivitas seniman, mengingat sejak pandemi datang, para seniman ini praktis tidak tampil, sehingga tentu berpengaruh pada pendapatan mereka.

Selanjutnya
Halaman
1 2