Begini Cara Warga Banyuwangi Pasarkan Produk Unggulan Pasar Tahu Tradisional

Ardian Fanani - detikNews
Minggu, 04 Okt 2020 19:13 WIB
Begini Cara Warga Banyuwangi Pasarkan Produk Unggulan Pasar Tahu Tradisional
Foto: Ardian Fanani
Banyuwangi -

Banyak cara ditempuh untuk memasarkan produk unggulan secara kreatif. Seperti yang dilakukan warga Desa Gitik, Kecamatan Rogojampi, Banyuwangi ini. Dikenal sebagai wilayah penghasil tahu, mereka membuat pasar kuliner tahu.

Kepala Desa Gitik, Hamzah mengatakan pasar ini dibuat atas inisiatif warga. Mereka mengaku ingin produk tahu buatan mereka dikenal lebih luas oleh warga karena kekhasannya.

Maklum saja, tahu di daerahnya memiliki rasa yang khas. Para pengrajin tahu di wilayahnya masih mempertahankan proses pembuatan yang masih tradisional yakni menggunakan kayu sebagai bahan bakarnya.

"Tahu Gitik ini sangat khas, bertekstur kering tapi lembut di dalam. Selain itu, bahannya juga alami tanpa pengawet dan masih tradisional. Patut dicoba," promosi Hamzah, Minggu (4/10/2020).

Dengan kekhasan ini, Hamzah mengaku warga ingin agar tahu buatan mereka ini dikenal lebih luas. Mereka lalu terpikir untuk membuat pasar kuliner tematik dengan tahu sebagai menu utama.

"Bersama-sama berinisitif membuat pasar kuliner. Melengkapi pasar-pasar kuliner Banyuwangi yang telah ada sebelumnya. Alhamdulillah, selain upaya untuk mengenalkan tahu, kami berharap bisa menggerakkan ekonomi warga desa di sini," katanya.

Pasar kuliner tersebut menyuguhkan berbagai makanan olahan berbahan dasar tahu produksi warga desa setempat. Seperti tahu goreng, tahu walik, juga ada tahu bayam. Pengunjung bisa menikmati olahan beragam tahu dengan nikmat, maklum saja karena disajikan dengan fresh. Pasar kuliner ini juga menyajikan makanan tradisional khas Banyuwangi lainnya.

Selanjutnya
Halaman
1 2