Siapa Pemilik Layang-layang yang Bikin Listrik 8 Kabupaten di Jatim Padam?

Sugeng Harianto - detikNews
Sabtu, 03 Okt 2020 23:02 WIB
Petugas PLN membersihkan layang-layang tersangkut di jringan listrik PLN di Desa Gunungsari Kaliori Rembang, Senin (21/9/2020).
ilustrasi
Madiun -

Listrik di sebagian wilayah 8 kabupaten/kota di Jatim padam. Sebelum padam, sempat terdengar suara ledakan yang diduga dipicu layang-layang tersangkut di SUTET area kecamatan Wungu, Kabupaten Madiun.

Atas kejadian ini, PLN akan mencari tahu siapa pemilik layang-layang tersebut. PLN akan melibatkan polisi untuk mencari tahu.

"Nanti akan kita koordinasikan dengan polres dan mencari pelakunya," ujar Manager PLN UPT Madiun Suyitno saat di konfirmasi detikcom Sabtu (3/10/2020).

Di musim kemarau ini, kata Suyitno, banyak warga yang bermain layang-layang. Daerah yang banyak di jumpai warga bermain layang-layang adalah Trenggalek, Madiun, dan Tuban. Warga ini, lanjut Suyitno, sering terlihat memainkan layang-layangnya di dekat kabel listrik.

"Sering kita jumpai di Trenggalek dan selalu kita tegur dan diturunkan layang-layangnya," kata Suyitno.

"Kita juga sudah ada kerjasama dengan Polda Jatim yang ditandatangani oleh GM Unit induk kami yang di Surabaya, untuk tindakan tegas bagi pemain layang-layang," imbuhnya.

Suyitno menyebut wilayah UPT Madiun pada aliran listrik tegangan tinggi, meliputi Madiun kota dan Kabupaten, Tuban, Bojonegoro, Lamongan, Ngawi, Magetan, Jombang, Nganjuk, Kediri, Blitar, Tulungagung, Trenggalek, Ponorogo, dan Pacitan.

"Wilayah kita utara sampai Tuban, Bojonegoro. Kita juga imbau warga jangan bermain-main layangan di dekat kabel listrik," tandasnya.

Sebelumnya hasil investigasi petugas PLN UPT Madiun, ada suara ledakan diduga akibat layang-layang yang nyangkut di kabel tegangan tinggi atau SUTET.

Ada 12 gardu induk di 8 kota kabupaten mengalami gangguan pemadaman. Delapan wilayah itu yakni Madiun kota dan Kabupaten, Magetan, Ngawi, Ponorogo, Pacitan, Trenggalek dan Nganjuk.

12 gardu induk PLN di bawah UPT Madiun yang mengalami pemadaman dengan estimasi tegangan 421 Mega watt yakni Sidem/PLTA Tulungagung, Trenggalek, PLTU Pacitan, New Pacitan, Ponorogo, Dolopo, Nganjuk trf 1, Manisrejo, Magetan, Mranggen, Ngawi, dan Caruban.

Tonton juga 'Ngeri! Detik-detik Pria di Polman Terseret Layangan Raksasa':

[Gambas:Video 20detik]

(iwd/iwd)