Menteri Teten Masduki Apresiasi Cara Banyuwangi Kembangkan Batik

Ardian Fanani - detikNews
Jumat, 02 Okt 2020 15:19 WIB
menteri koperasi teten masduki
Foto: Ardian Fanani
Banyuwangi -

Menteri Koperasi dan UKM RI Teten Masduki mengapresiasi perkembangan batik Banyuwangi. Sebagai daerah kunjungan wisata, batik menjadi daya tarik wisatawan. Teten pun mendorong pemkab terus menggerakkan ekonomi kreatif untuk memperkuat pariwisata daerah.

"Batik sangat potensial dikembangkan, apalagi Banyuwangi sebagai daerah wisata. Batik akan memperkuat produk wisata Banyuwangi," ucap Teten saat mengunjungi Rumah Kreatif Banyuwangi didampingi Bupati Banyuwangi Abdullah Azwar Anas, Jumat (2/10/2020).

Menurut dia, para pelancong pasti akan mencari kekhasan suatu daerah. Kuliner, dan oleh-oleh akan melengkapi pengalaman wisatawan saat berlibur di suatu daerah.

"Kain batik ini salah satu oleh-oleh yang diincar wisatawan. Apalagi batik Banyuwangi ini konon punya pondasi filosofi yang kuat, ini sangat potensial dikembangkan," kata Teten.

Khusus dalam rangka peringatan Hari Batik Nasional, Teten mengajak semua warga untuk terus bangga mengenakan kain batik nusantara di setiap kesempatan.

"Ayo kita semua sepakat pakai batik. Seperti Udeng Banyuwangi (penutup kepala) dari kain batik yang saya pakai saat ini. Keren. Ayo lestari dan kembangkan batik warisan nusantara ini," kata Teten.

Selama melakukan kunjungan kerja ke Banyuwangi, Teten dijamu sarapan pagi di Pendopo Sabha Swagata Banyuwangi oleh Bupati Anas dengan menu kuliner khas Banyuwangi. Mulai dari kesrut kikil, ayam pedas, hingga aneka jajanan tradisional.

Selanjutnya
Halaman
1 2