Viral Masjid di Malang Jadi Tempat Nobar Film G30S/PKI, Ini Faktanya

Muhammad Aminudin - detikNews
Rabu, 30 Sep 2020 19:03 WIB
nobar film g30s pki di masjid
Foto: Tangkapan layar
Malang -

Sebuah masjid viral di medsos setelah menggelar nonton bareng (Nobar) Film G30S/PKI. Masjid itu disebut berada di Malang, Jawa Timur. Di mana lokasinya?

Beberapa fakta ditemukan detikcom saat menelusuri keberadaan masjid viral memutar film G30S/PKI itu. Ada dua masjid nyaris sama dengan lokasi nonton bareng (Nobar) digelar.

Dua masjid dengan ornamen bangunan nyaris sama dengan foto yang diposting akun twitter @Narkosun. Warna karpet sama, yakni merah dengan motif coklat sebagai garis shaf.

Masjid Al Mukminun Malang gelar nobar film g30s/pkiMasjid Al Mukminun Malang/ Foto: Muhammad Aminudin

Masjid pertama adalah Masjid Jendral Ahmad Yani di Jalan Kahuripan, Kota Malang. Namun masjid ini kurang cocok jika disandingkan pada pengambilan angle foto yang diposting @Narkosun.

Ruang Masjid Jendral Ahmad Yani cenderung lebih luas, meski motif pilar dan karpetnya nyaris sama. Ditambah lagi, takmir masjid membantah telah menggelar Nobar pada Selasa (29/8/2020) malam.

"Bukan di sini, malam kemarin tidak ada kegiatan. Sepi di sini (Masjid Jendral Ahmad Yani)," kata Ketua Takmir masjid Jendral Ahmad Yani, Hablul Matin saat ditemui detikcom di lokasi, Rabu (30/9/2020).

Simak video 'Survei SMRC: 14 % Orang Indonesia Ketahui Kebangkitan PKI':

[Gambas:Video 20detik]