MUI Jatim Sesalkan Foto Kiai Ma'ruf Amin Disandingkan 'Kakek Sugiono'

Amir Baihaqi - detikNews
Selasa, 29 Sep 2020 21:01 WIB
Wapres Maruf Amin
Wapres Ma'ruf Amin (Foto: dok. Setwapres)
Surabaya -

MUI Jatim angkat bicara soal viral posting-an berisi foto Wapres Ma'ruf Amin disandingkan foto bintang porno Jepang, Shigeo Tokuda alias Kakek Sugiono. MUI menyebut postingan tersebut wujud kurang syukurnya dengan keberadaan media sosial.

"Kalau kemudian ada orang melakukan seperti itu, ini kan tidak mensyukuri keberadaan media sosial. Media sosial ini kan bagian dari perkembangan teknologi yang harus disyukuri dengan memanfaatkan dengan baik. Ketika digunakan sebaliknya, justru di situlah berlaku tidak mensyukuri," kata Sekretaris MUI Jatim Ainul Yakin saat dihubungi, Selasa (29/9/2020).

Sedangkan untuk proses penanganannya, lanjut Ainul, jika memang ada pengaduan karena ada yang dirugikan, sudah sewajarnya harus diproses secara hukum. Sebab, proses hukum itu bertujuan sebagai bentuk tanggungjawab dengan apa yang dilakukan.

"Ada aturan main yang disebut dengan tata aturan hukum dan kemudian ada bukti pelanggaran yang kita lihat dalam koridor hukum kita ya akan lebih baik diproses dengan hukum," tegas alumnus Universitas Airlangga (Unair) itu.

"Tujuannya, proses hukum itu akan memberikan kepada masyarakat agar mereka menjadi masyarakat yang bertanggungjawab. Kalau toh di ending ada proses pemberian maaf tentu itu aspek yang lain," imbuhnya.

"Ya siapapun orangnya kan tidak boleh (dilecehkan). Kita ini kan punya kedudukan yang sama. Karena siapapun orangnya kita tidak boleh melecehkan semena-mena. Apalagi ini kepada Pak Wapres Ma'ruf Amin," tukas Ainul.

Selanjutnya
Halaman
1 2