Emak-emak di Madiun Budidayakan Tanaman Hias 'Rival' Janda Bolong

Sugeng Harianto - detikNews
Selasa, 29 Sep 2020 13:44 WIB
sirih gading
Ana dengan tanaman sirih gading (Foto: Sugeng Harianto)
Madiun -

Tanaman hias janda bolong sedang naik daun dengan harganya yang fantastis hingga ratusan juta. Di Madiun, emak-emak sedang membudidayakan tanaman yang akan menjadi rival janda bolong, namun berharga murah.

"Janda bolong itu tanaman lama, kok sampai melejit harganya. Ini ada tanaman yang kalau besar bisa menyerupai janda bolong dan murah," ujar Pentaliana Ahmad Dawami kepada detikcom, Selasa (28/9/2020).

Tanaman yang dimaksud Ana adalah sirih gading. Menurut Ana, sirih gading jika tanamannya mulai membesar maka daunnya akan memecah, mirip janda bolong.

"Di rumah saya ada daunnya besar sudah mecah daunnya. Meski tidak bolong anggap saja mirip janda bolong. Tidak usah pengaruh beli yang mahal-mahal. Katanya bisa jutaan harga janda bolong satu daun," kata istri Bupati Madiun tersebut.

sirih gadingSirih gading yang daunnya sudah memecah (Foto: Sugeng Harianto)

Karena itu, dari pada membeli janda bolong yang berharga mahal, Ana lebih memilih mengajak emak-emak di Madiun untuk kreatif bertanam tanaman hias yang tidak harus mahal namun menghasilkan.

"Yang penting kita penataannya. Ini sirih gading bisa jadi mirip janda bolong. Kalau kita menatanya dengan hati pasti jadi menarik," kata Ana.

Ana menambahkan cara menanam sirih gading yang bisa menyerupai janda bolong sangat mudah. "Ini mudah tanamnya. Dipotong ada akarnya pasti tumbuh. Di media air juga tumbuh. Bisa di pot gantung juga," lanjut Ana.

Di tengah kesibukannya mendampingi suami, Ana berusaha meluangkan waktu untuk memantau para ibu PKK untuk bertanam tanaman hias seperti sirih gading.

"Misalnya tanaman aglonema mahal, kita siasati dipotong lalu ditanam yang banyak. Itu kan termasuk jenis tanaman lama yang sudah pernah booming setelah adenium," kata Ana.

Ana menambahkan dalam masa pandemi ini, berkebun tanaman hias menjadi pilihan untuk menghilangkan kejenuhan.

(iwd/iwd)