6 Kabupaten/Kota di Jawa Timur Masih Zona Merah COVID-19

Faiq Azmi - detikNews
Senin, 28 Sep 2020 20:41 WIB
zona merah
Foto: Faiq Azmi
Surabaya -

Kasus terkonfirmasi positif di Jawa Timur per hari ini berjumlah 43.174 kasus. Zona merah COVID-19 di Jawa Timur masih tersisa di 6 kabupaten/kota.

6 kabupaten/kota di Jawa Timur yang masuk zona merah ialah Sumenep, Kota Malang, Kota Batu, Kabupaten Probolinggo, Kabupaten Mojokerto dan Kota Probolinggo.

Penambahan kasus di Jatim dalam seminggu terakhir terhitung sejak Selasa (22/9) hingga Senin (28/9), tambahan kasus di Jatim berjumlah 2.098 kasus. Untuk pasien sembuh di Jatim dalam seminggu terakhir berjumlah 2.748.

Dari angka tersebut, penambahan pasien sembuh di Jatim lebih banyak daripada tambahan kasus baru. Untuk angka kematian di Jatim dalan seminggu terakhir berjumlah 148 kasus baru.

Anggota Gugus Kuratif Percepatan Penanganan COVID-19 Jatim, dr Makhyan Jibril menjelaskan, zona merah di Jatim masih tersisa 6. Salah satunya Sumenep dikarenakan kasus kematian yang tiba-tiba naik.

"Ada 6 kabupaten/kota. Terus diupdate setiap minggunya. Sumenep jadi merah karena minggu lalu biasanya tambahan kasus kematian 1-2, tiba-tiba jadi 5 kasus kematian dalam seminggu," ujar Jibril saat dikonfirmasi detikcom, Senin (28/9/2020).

Jibril menegaskan, selain Sumenep, Kota dan Kabupaten Probolinggo yang sebelumnya zona oranye menjadi merah. Zona merah ini, lanjut Jibril, disebut karena penambahan jumlah kasus baru/kematian yang tiba-tiba naik drastis.

"Zona merah itu biasanya terjadi kalau ada lonjakan drastis seperti ini, sehingga bisa menjadi alarm untuk kabupaten/kota untuk waspada. Selain itu, layanan kesehatan juga menjadi faktor penting," terangnya.

Berikut detail zonasi COVID-19 di Jatim:

Zona Merah (6 Kab/Kota): Sumenep, Kota Malang, Kota Batu, Kabupaten Probolinggo, Kabupaten Mojokerto, Kota Probolinggo.

Zona Oranye (25 Kab/Kota): Kota Pasuruan, Kota Surabaya, Tuban, Ngawi, Ponorogo, Situbondo, Nganjuk, Kota Blitar, Kota Mojokerto, Lamongan, Bondowoso, Kabupaten Malang, Kabupaten Pasuruan, Bojonegoro, Kota Kediri, Lumajang, Jombang, Jember, Sidoarjo, Blitar, Banyuwangi, Magetan, Kota Madiun, Bangkalan, Gresik.

Zona Kuning (7 Kab/Kota): Kabupaten Madiun, Pamekasan, Trenggalek, Pacitan, Kabupaten Kediri, Sampang, Tulungagung.

(iwd/iwd)