Punya Dermaga Yacht Internasional, Banyuwangi Jaring Wisatawan Menengah Atas

Ardian Fanani - detikNews
Sabtu, 26 Sep 2020 20:53 WIB
dermaga yacht internasional di Banyuwangi
Dermaga yacht internasional di Banyuwangi (Foto: Ardian Fanani)
Banyuwangi -

Banyuwangi kini memiliki dermaga yacht internasional di kawasan Pantai Marina Boom Banyuwangi. Fasilitas dan destinasi wisata baru ini diharapkan dapat meningkatkan kunjungan wisatawan terutama wisatawan asing kelas menengah atas.

Bupati Banyuwangi Abdullah Azwar Anas mengatakan Banyuwangi International Yacht Club sudah beroperasi di Banyuwangi. Ini merupakan ikhtiar Pemkab Banyuwangi membuka jalur baru datangnya wisatawan dari jalur laut.

"Selamat atas dibukanya Banyuwangi International Yacht Club (BIYC). Tentu ini akan membuka jalur baru di destinasi baru kami dalam pengembangan sektor pariwisata," ujarnya kepada detikcom, Sabtu (26/9/2020).

Dibukanya BIYC merupakan peluang bagi Banyuwangi untuk menyasar wisatawan kelas menengah atas. Sebab pemilik yacht merupakan para elit yang tersebar di beberapa negara di Eropa maupun Australia.

"Kita tahu, para pemilik yacht ini merupakan wisatawan kelas menengah atas. Fasilitas ini tentu menjadi jaminan bagi mereka bahwa dengan berlayar ke Banyuwangi mereka bisa berwisata sekaligus menyalurkan hobi berlayarnya," pungkasnya.

Banyuwangi International Yacht Club (BIYC) diresmikan oleh Direktur Utama Pelindo III Saefudin Noer, Jumat malam (25/9/2020). BIYC itu berada di kawasan Pantai Marina Boom. Kawasan tersebut merupakan aset milik PT Pelindo III yang dikelola anak perusahan PT Pelindo Properti Indonesia.

Menurut Saefudin Noer, Pelindo III memiliki konsep Butterfly Cruise Port yang akan menunjang kunjungan wisatawan di Indonesia. Untuk itu, fasilitas yacht club di Banyuwangi akan melengkapi beberapa dermaga yacht yang sudah dibangun di beberapa tempat.

"Konsep Butterfly Cruise Port kita galakkan saat ini. Tentunya kunjungan para pemilik yacht yang ke beberapa dermaga yang sudah kita siapkan nantinya akan mampir juga di Banyuwangi. Konsep ini bentuknya seperti kupu-kupu yang hinggap di beberapa tempat. Salah satunya adalah Banyuwangi," ujarnya kepada detikcom.

Selanjutnya
Halaman
1 2