Potensi Tsunami 20 Meter di Jatim, Pakar ITS: Berpotensi Gempa Besar

Hilda Meilisa - detikNews
Jumat, 25 Sep 2020 15:30 WIB
Tim riset Institut Teknologi Bandung (ITB) beri peringatan akan kemungkinannya terjadi potensi tsunami. Diperkirakan tsunami terjadi di sepanjang Pantai Selatan Jawa Barat dan Selatan Jawa Timur.
Peta prediksi megathrust (Foto: dok. istimewa)
Surabaya -

Institut Teknologi Bandung (ITB) menyebut adanya potensi tsunami di pantai selatan Jawa hingga 20 meter. Ahli geologi Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) Surabaya, Dr Amien Widodo, tak memungkiri potensi gempa besar di selatan Jawa memang ada.

"Iya, berpotensi gempa besar, khususnya di palung samudra (di selatan Jawa) dan magnitudo gempanya bisa lebih dari 8," kata Amien saat dimintai konfirmasi detikcom di Surabaya, Jumat (25/9/2020).

Amien menambahkan, gempa besar yang berujung tsunami juga bisa terjadi kapan pun. Hal ini tak hanya mengakibatkan kerusakan infrastruktur, tapi juga menelan korban yang tidak sedikit.

"Tak dapat dimungkiri, bencana alam yang terjadi belakangan ini, mulai gempa, likuifaksi Palu, hingga tsunami Banten mengakibatkan banyak desa jadi terisolasi. Rusaknya infrastruktur akibat peristiwa-peristiwa alam tersebut menyebabkan daerah-daerah ini menjadi susah dilalui oleh kendaraan," papar Amien.

Tonton juga 'Panduan Kesiapsiagaan dan Evakuasi Hadapi Bencana di Tengah Pandemi':

[Gambas:Video 20detik]

Selanjutnya
Halaman
1 2