Ada Potensi Tsunami di Banyuwangi, Bupati Anas Siapkan Antisipasi

Ardian Fanani - detikNews
Jumat, 25 Sep 2020 14:58 WIB
bupati anas
Simulasi penanggulangan bencana di Banyuwangi (Foto: Ardian Fanani/detikcom)
Banyuwangi -

Institut Teknologi Bandung (ITB) mengungkap potensi tsunami di pantai selatan Jawa setinggi 20 meter. Pemkab Banyuwangi sudah mempersiapkan antisipasi dengan ketat di pesisir pantai selatan Jawa.

Bupati Banyuwangi Abdullah Azwar Anas mengatakan, pihaknya berharap ada data detail terkait ancaman tsunami di Pantai Selatan Jawa. Data ini diinginkan untuk menentukan strategi apa yang harus disiapkan daerah dalam kontijensi bencana tsunami.

"Kita ingin data juga. Nanti data itu kita gunakan dalam menjalankan kegiatan kontijensi bencana," ujarnya kepada detikcom, Jumat (25/9/2020).

Kabupaten Banyuwangi memiliki panjang pantai sepanjang 175,5 KM. Sebagian besar pantai berada di sisi timur. Sebagian lagi berada di sebelah Selatan Jawa. Namun pada tahun 1994, wilayah Selatan Banyuwangi pernah diterjang tsunami.

"Kami telah melakukan persiapan menyeluruh. BPBD telah melakukan beberapa pelatihan dan simulasi terhadap antisipasi bencana tsunami," pungkasnya.

Sementara Kapolresta Banyuwangi Kombes Arman Kombes Arman Asmara Syarifudin menambahkan, Polresta Banyuwangi pernah melakukan simulasi antisipasi bencana tsunami di Pantai Mustika Pancer Sabtu (5/1/2019). Pantai Mustika Pancer menjadi lokasi rusak terparah saat tsunami 1994.

Tonton juga 'Panduan Kesiapsiagaan dan Evakuasi Hadapi Bencana di Tengah Pandemi':

[Gambas:Video 20detik]

Selanjutnya
Halaman
1 2